08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Upayakan Proses Reformasi Birokrasi Berjalan Optimal di Masa Darurat Covid – 19, Plt. Kepala ANRI sampaikan Arahan kepada Tim Reformasi Birokrasi ANRI

Upayakan Proses Reformasi Birokrasi Berjalan Optimal di Masa Darurat Covid – 19, Plt. Kepala ANRI sampaikan Arahan kepada Tim Reformasi Birokrasi ANRI Upayakan Proses Reformasi Birokrasi Berjalan Optimal di Masa Darurat Covid – 19, Plt. Kepala ANRI sampaikan Arahan kepada Tim Reformasi Birokrasi ANRI Upayakan Proses Reformasi Birokrasi Berjalan Optimal di Masa Darurat Covid – 19, Plt. Kepala ANRI sampaikan Arahan kepada Tim Reformasi Birokrasi ANRI Upayakan Proses Reformasi Birokrasi Berjalan Optimal di Masa Darurat Covid – 19, Plt. Kepala ANRI sampaikan Arahan kepada Tim Reformasi Birokrasi ANRI Upayakan Proses Reformasi Birokrasi Berjalan Optimal di Masa Darurat Covid – 19, Plt. Kepala ANRI sampaikan Arahan kepada Tim Reformasi Birokrasi ANRI

06

May 20

Upayakan Proses Reformasi Birokrasi Berjalan Optimal di Masa Darurat Covid – 19, Plt. Kepala ANRI sampaikan Arahan kepada Tim Reformasi Birokrasi ANRI

Jakarta, (06/05) – Pandemi Corona Virus Disease (COVID-19) di Republik Indonesia mengubah tatanan administrasi dan pola kerja di lingkungan instansi pemerintahan. Untuk mewujudkan physical distancing yang optimal, proses kerja bergeser dari bekerja dari kantor bekerja dari rumah (work from home). Pengembangan proses layanan, administrasi, dan koordinasi berbasis online mulai diupayakan sekuat tenaga di lingkungan instansi pemerintah.

Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) pada masa darurat COVID – 19 berupaya untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan dan kinerjanya melalui proses reformasi birokrasi yang harus terus berjalan. Untuk memastikan proses reformasi birokrasi berjalan optimal di masa darurat COVID–19, Pelaksana tugas (Plt) Kepala ANRI, M. Taufik, memberikan arahan kepada Tim Reformasi Birokrasi ANRI secara daring pada hari Rabu (06/05). Dalam arahannya, Plt. Kepala ANRI menyampaikan bahwa perubahan sumber daya manusia menjadi komponen penting dalam keberhasilan Reformasi Birokrasi. Perubahan yang ingin diwujudkan dimulai dari individu kemudian menyebarkannya kepada institusi. Selain itu, Plt. Kepala ANRI juga menyampaikan bahwa implikasi pelaksanaan Reformasi Birokrasi harus menjamin kebermanfaatan ANRI bagi masyarakat. Oleh karena itu, setiap unit kerja di lingkungan ANRI harus bersiap untuk terus berinovasi dari waktu ke waktu. Selain substansi Reformasi Birokrasi, Plt. Kepala ANRI juga mengingatkan untuk memperhatikan kelengkapan administrasi dalam proses Reformasi Birokrasi seperti Rencana Aksi, LKE, Bukti Pendukung, dan Laporan Triwulan yang sudah terintegrasi dalam sistem elektronik. Menutup arahannya, Plt. Kepala ANRI menyampaikan pesan kepada seluruh Tim Reformasi Birokrasi ANRI. “Jangan pernah merasa lelah berjuang untuk membangun ANRI. Reformasi Birokrasi merupakan pengungkit untuk menjadikan ANRI sejajar kinerja dan kemanfaatannya dengan instansi strategis. Itu tugas kita bersama,” pesan Plt. Kepala ANRI.

Berperan sebagai moderator pada kegiatan ini Kepala Biro Organisasi, Kepegawaian, dan Hukum, Rini Agustiani, dan juga hadir Sekretaris Utama ANRI, Imam Gunarto, selaku Ketua Tim Reformasi Birokrasi ANRI untuk memberikan laporan perkembangan Reformasi Birokrasi ANRI. Sekretaris Utama ANRI menyampaikan bahwa perlu adanya penetapan Roadmap Reformasi Birokrasi di lingkungan ANRI yang disinergikan dengan Rencana Strategis ANRI Tahun 2020 – 2024. Menindaklanjuti arahan Plt. Kepala ANRI mengenai pelaksanaan Reformasi Birokrasi di lingkungan ANRI Tahun 2020, Sekretaris Utama ANRI akan menjadwalkan Gerakan Pencanangan RB ANRI 2020, Lomba Inovasi di Internal ANRI, Lomba Unit Kerja Terbaik, dan Pembuatan Buku Saku RB. Dengan adanya upaya ini, diharapkan seluruh elemen di ANRI akan berusaha memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat dan para pemangku kepentingan.

Peserta rapat melalui daring ini antara lain Deputi Bidang Informasi dan Pengembangan Sistem Kearsipan, Para Pimpinan Tinggi Pratama dan administrator yang berperan sebagai ketua kelompok kerja dan role model, Anggota Kelompok Kerja, para Agen Perubahan, dan Tim PMP – RB ANRI. (AM & TK)

 


Penulis : AM & TK
Editor : Aria Maulana

Bagikan

Views: 829