08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

PENYELAMATAN ARSIP TERKENA DAMPAK BENCANA DI PROVINSI KALIMANTAN SELATAN

PENYELAMATAN ARSIP TERKENA DAMPAK BENCANA DI PROVINSI KALIMANTAN SELATAN PENYELAMATAN ARSIP TERKENA DAMPAK BENCANA DI PROVINSI KALIMANTAN SELATAN PENYELAMATAN ARSIP TERKENA DAMPAK BENCANA DI PROVINSI KALIMANTAN SELATAN PENYELAMATAN ARSIP TERKENA DAMPAK BENCANA DI PROVINSI KALIMANTAN SELATAN PENYELAMATAN ARSIP TERKENA DAMPAK BENCANA DI PROVINSI KALIMANTAN SELATAN

16

Apr 21

PENYELAMATAN ARSIP TERKENA DAMPAK BENCANA DI PROVINSI KALIMANTAN SELATAN

Kalimantan Selatan - 04/04/21. Intensitas hujan yang sangat lebat di Provinsi Kalimantan Selatan mengakibatkan beberapa daerah di wilayah Kalimantan Selatan terendam banjir. ANRI melalui Kelompok Subtansi Restorasi Arsip menurunkan TIM Rescue Restorasi Arsip dalam rangka penyelamatan arsip yang terkena dampak bencana yang terdiri dari Madris (Arsiparis Madya), Kadir (Arsiparis Penyelia), Ramadhona Aswin (Arsiparis Muda) serta Aris Susanto (arsiparis terampil). Kegiatan penyelamatan arsip ini diadakan pada tanggal 4 – 8 April 2021 di Fave Hotel dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan.

Pada tanggal 5 April 2021 Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan menggelar Bimbingan Teknis Penyelamatan Arsip Pasca Bencana di Fave hotel dengan mengundang Wakil Ketua DPRD, Serta LKD di Provinsi Kalimantan Selatan. Dalam sambutannya Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan, Nurliani menyampaikan bahwa melalui kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pemahaman mengenai prosedur penanganan penyelamatan arsip pasca bencana yang baik sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang ada.  Setelah itu Wakil Ketua DPRD Kalimantan Selatan M Syarifuddin mengapresiasi  kegiatan tersebut.

Kegiatan dilanjutkan di Depo Arsip Dinas  Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan. Kegiatan di Depo Arsip Merupakan tindak Lanjut dari kegiatan Bimtek yang diadakan di Fave Hotel yaitu praktek langsung dengan membawa arsip dari masing – masing LKD yang arsipnya terkena dampak bencana. Selain merestorasi arsip LKD yang terkena bencana. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan juga membuka Posko Layanan Restorasi dihalaman depo arsip bagi masyarakat yang ingin memperbaiki arsipnya.

( RDS )


Penulis : RDS

Bagikan

Views: 1073