Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta 12560

Uber Arsip
Logo ANRI

Lestarikan Memori Bangsa, Direktorat Preservasi ANRI Lakukan Fumigasi Arsip

Lestarikan Memori Bangsa, Direktorat Preservasi ANRI Lakukan Fumigasi Arsip Lestarikan Memori Bangsa, Direktorat Preservasi ANRI Lakukan Fumigasi Arsip Lestarikan Memori Bangsa, Direktorat Preservasi ANRI Lakukan Fumigasi Arsip

19

Apr 21

Lestarikan Memori Bangsa, Direktorat Preservasi ANRI Lakukan Fumigasi Arsip

ANRI, Jakarta (11/04/21) -  Arsip statis yang tersimpan di Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) merupakan arsip permanen yang dihasilkan oleh pencipta arsip dan memiliki nilai guna kesejarahan. Guna menjaga memori kolektif bangsa yang tak ternilai harganya, keberadaan fisik dan informasi arsip statis harus selalu dirawat dan dilestarikan.

Sebagai negara beriklim tropis, Indonesia memiliki suhu dan kelembaban tinggi. Kondisi tersebut memicu tingginya pertumbuhan serangga dan hama perusak arsip. Di sisi lain, arsip berbahan organik (kertas) merupakan sumber makanan bagi serangga.

Guna mengantisipasi permasalahan tersebut, pelestarian arsip dapat dilakukan dengan tindakan preservasi preventif dan kuratif. Tindakan preventif merupakan upaya pemeliharaan untuk mencegah masuknya hama perusak arsip ke dalam depot penyimpanan, salah satunya dengan Metode Pengendalian Hama Terpadu (PHT). Sementara tindakan kuratif dilakukan untuk membunuh hama perusak arsip secara cepat, yaitu dengan cara melaksanakan fumigasi arsip.

Direktorat Preservasi ANRI melaksanakan fumigasi arsip statis dalam rangka merawat dan melestarikan arsip statis agar bisa dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat luas dalam rangka penelitian dan pemanfaatan lainnya. Kegiatan ini dilakukan selama tiga hari, yakni pada tanggal 9 s.d.11 April 2021.

Fumigasi arsip statis dilakukan menggunakan fumigan sulfuryl floryde (SO2F2) yang memiliki karakter tidak berbau dan dapat menyebabkan kematian bagi hama yang terkontaminasi. Guna menjamin keselamatan pegawai ANRI, kegiatan pelepasan fumigan dilaksanakan pada malam hari. Kegiatan fumigasi pun dilakukan selama hari libur, yakni Sabtu dan Minggu.  Selama kegiatan fumigasi, ANRI melakukan penutupan sementara terhadap layanan arsip statis bagi pengguna. Kegiatan layanan kembali dibuka pada tanggal 13 April 2021.

( DS )