08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Kemendikbud dan ANRI Gelar Webinar Preservasi Arsip Jalur Rempah

Kemendikbud dan ANRI Gelar Webinar Preservasi Arsip Jalur Rempah Kemendikbud dan ANRI Gelar Webinar Preservasi Arsip Jalur Rempah Kemendikbud dan ANRI Gelar Webinar Preservasi Arsip Jalur Rempah Kemendikbud dan ANRI Gelar Webinar Preservasi Arsip Jalur Rempah Kemendikbud dan ANRI Gelar Webinar Preservasi Arsip Jalur Rempah Kemendikbud dan ANRI Gelar Webinar Preservasi Arsip Jalur Rempah

26

Nov 20

Kemendikbud dan ANRI Gelar Webinar Preservasi Arsip Jalur Rempah


Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bekerja sama dengan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) menyelenggarakan webinar Preservasi Arsip Jalur Rempah.

Tujuan dilaksanakannya webinar tersebut yakni untuk menghimpun informasi preservasi arsip, bahan pustaka, artefak, naskah kuno dan situs terkait jalur rempah. Selain itu, webinar juga bertujuan mengidentifikasi upaya preservasi dan restorasi memori jalur rempah dalam arsip, bahan pustaka, artefak, naskah kuno dan situs.

Tak hanya itu, webinar juga dimaksudkan agar  terbangun kesadaran di antara para pemangku kepentingan terkait upaya penyelamatan dan pelestarian terhadap arsip, bahan pustaka, artefak, naskah sumber dan situs jalur rempah, untuk diajukan sebagai memori warisan dunia dengan bekerja sama dengan lembaga kearsipan di dunia.

Direktur Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan, Kemendikbud, Restu Gunawan sangat menyambut baik acara webinar yang membahas mengenai jalur rempah ini.

Pada kesempatan ini panitia webinar menghadirkan para narasumber yang memiliki kompetensi di bidangnya masing-masing. Hadir dan menjadi pembicara pada webinar kali ini Pelaksana Tugas (Plt) Kepala ANRI, M Taufik. "Preservasi arsip sangat penting dalam pengelolaan arsip karena merupakan upaya pelestarian memori kolektif kehidupan berbangsa dan bernegara, jati diri bangsa untuk diwariskan kepada generasi mendatang," terangnya. Lebih lanjut M. Taufik menambahkan bahwa jalur rempah mempunyai peranan penting sebagai wahana interaksi antar manusia dan budaya dari berbagai bangsa dan wilayah dunia dan sebagai pemicu globalisasi dan perubahan budaya dunia.

"Arsip Jalur Rempah merupakan warisan dokumenter yang memiliki signifikansi dunia yang tinggi dan berpotensi menjadi memori warisan dunia (Memory of the World). Arsip tersebut memuat rekaman kegiatan dan peristiwa dalam berbagai bentuk dan media yang berkaitan jalur rempah," tambahnya.

Sebagai pembicara berikutnya pada webinar kali ini yakni, Direktur Preservasi ANRI, Kandar yang menyampaikan materi "Preservasi Arsip Jalur Rempah di ANRI". Kemudian Pustakawan Utama Perpustakaan Nasional RI, Sri Sumekar yang menerangkan materi "Preservasi Koleksi Pustaka di Perpustakaan Nasional RI", serta Kepala Museum Nasional RI, Siswanto yang memaparkan Preservasi dan Restorasi Situs Artefak di Museum Nasional RI.

( is )


Penulis : is
Editor : Tk

Bagikan

Views: 881