08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Belajar Pameran dari Oscar: Tim Pemanfaatan ANRI Kunjungi Pameran 25 Tahun Reformas!h In Absentia

Belajar Pameran dari Oscar: Tim Pemanfaatan ANRI Kunjungi Pameran 25 Tahun Reformas!h In Absentia Belajar Pameran dari Oscar: Tim Pemanfaatan ANRI Kunjungi Pameran 25 Tahun Reformas!h In Absentia Belajar Pameran dari Oscar: Tim Pemanfaatan ANRI Kunjungi Pameran 25 Tahun Reformas!h In Absentia Belajar Pameran dari Oscar: Tim Pemanfaatan ANRI Kunjungi Pameran 25 Tahun Reformas!h In Absentia Belajar Pameran dari Oscar: Tim Pemanfaatan ANRI Kunjungi Pameran 25 Tahun Reformas!h In Absentia

26

May 23

Belajar Pameran dari Oscar: Tim Pemanfaatan ANRI Kunjungi Pameran 25 Tahun Reformas!h In Absentia

Jakarta- 25/05/23 – Siapa tak kenal Oscar Motulloh, mantan Kepala Divisi Museum dan Galeri Foto Jurnalistik Antara, Jurnalis Foto Senior Tanah Air sekaligus Kurator Pameran Kawakan. Setelah tiga tahun pensiun dari Kantor Berita Antara, beliau mendirikan Yayasan Riset Visual mataWaktu, sebentuk yayasan riset visual yang mengemban misi pengarsipan, penelitian serta publikasi terkait seni visual, khususnya fotografi. Yayasan Riset Visual mataWaktu saat ini mengadakan Pameran yang bertajuk 25 Tahun Reformas!h in Absentia, dalam rangka memperingati reformasi.

Pada event tersebut, Tim Pemanfaatan ANRI berkesempatan untuk melihat pameran, sekaligus berbincang seputar pameran dengan sang kurator yaitu Oscar Motulloh. Dalam kesempatan tersebut kurator menceritakan proses bagaimana sampai akhirnya diadakan pameran, yaitu momen reformasi, yang kini tidak terasa sudah seperempat abad.

Dalam pengantarnya, pameran dan pengembangan jejaring Reformas!h in Absentia ini adalah terminal dan sarana independen untuk memanggil kembali nurani serta ingatan kita untuk terus menyuarakan hakikat misi Gerakan Reformasi yang sejatinya tak pernah rampung. Korupsi, Kolusi dan Nepotisme terus marak sampai hari ini di negeri tercinta. Sedangkan tujuannya menurut Oscar adalah agar anak-anak sekarang dapat mengetahui perjuangan ayah ibu mereka saat menuntut reformasi pada tahun 1998.

Sebagai informasi, pameran yang bertajuk 25 Tahun Reformas!h in Absentia ini menampilkan kolase foto terkait reformasi dari berbagai kota, dari Jakarta hingga Medan. Koleksi foto-foto tersebut didapat kan dari berbagai jejaring jurnalis, seperti Tempo, Kompas, serta dari instansi pemerintah seperti Sekretariat Negara. Pameran 25 Tahun Reformas!h in Absentia akan berlangsung selama 17 Mei-17 Juni 2023 di ITC Fatmawati, Jakarta Selatan.

(ABS)

 


Penulis : ABS

Bagikan

Views: 666