08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

ANRI Luncurkan Program Register Arsip sebagai Memori Kolektif Bangsa

ANRI Luncurkan Program Register Arsip sebagai Memori Kolektif Bangsa ANRI Luncurkan Program Register Arsip sebagai Memori Kolektif Bangsa ANRI Luncurkan Program Register Arsip sebagai Memori Kolektif Bangsa ANRI Luncurkan Program Register Arsip sebagai Memori Kolektif Bangsa ANRI Luncurkan Program Register Arsip sebagai Memori Kolektif Bangsa ANRI Luncurkan Program Register Arsip sebagai Memori Kolektif Bangsa ANRI Luncurkan Program Register Arsip sebagai Memori Kolektif Bangsa

25

Aug 21

ANRI Luncurkan Program Register Arsip sebagai Memori Kolektif Bangsa

Jakarta (25/8/2021) - Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) meluncurkan Program Register Arsip sebagai Memori Kolektif Bangsa. Peluncuran program tersebut dilaksanakan secara daring melalui ruang Zoom dan streaming YouTube, 25 Agustus 2021. “Dengan mengucap Bismillahirahmanirahim saya luncurkan program Register Arsip sebagai Memori Kolektif Bangsa (MKB),” ungkap Kepala ANRI, Imam Gunarto dalam sambutan.

Imam Gunarto menyampaikan bahwa program MKB sebagai rangkaian proses mitigasi, penilaian, penyelamatan, pelestarian, dan pelayanan serta registrasi arsip sebagai MKB, merupakan program kolaborasi yang bersifat nasional dan internasional, baik antar pemerintah, pemerintah dengan lembaga swasta, pemerintah dengan dunia usaha, dan pemerintah dengan masyarakat atau perseorangan .Out come dari program ini adalah terwujudnya arsip sebagai identitas dan jatidiri bangsa yang kuat. Oleh karena itu arsip sebagai MKB ini harus diinterpretasikan dalam pemaknaan yang dinamis, bukan statis. Arsip itu tidak dilihat sebagai entitas kebendaan yang dikeramatkan, tetapi harus  dikelola sebagai data informasi yang membentuk pengetahuan yang terus dinamis memenuhi kebutuhan kekinian dan masa depan. Program MKB haruslah mampu memasadepankan masa silam. Arsip harus menjadi penerang, menjadi inspirasi, mencerahkan dan mencerdaskan,” terang Imam Gunarto.

Lebih lanjut Imam Gunarto menambahkah bahwa dalam konteks warisan dokumenter atau arsip sebagai memori kolektif bangsa, ANRI merupakan representasi negara yang harus hadir dan mempersiapkan ekosistem agar praktik dan produk kearsipan sebagai bagian dari kebudayaan dapat dipandang sebagai produk yang dinamis, yang terus menerus dapat diaktualisasi dalam konteks jaman yang berkesesuaian.

Turut Hadir pada acara peluncuran ini dan memberikan sambutan Ketua Komite Memory of the World (MOW) Indonesia, Dr. Dudi Hidayat, M.Sc, Ketua Harian Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO, Kemdikbud, Prof. Dr. Arief Rachman, M.Pd serta Keynote Speech oleh Secretary General of Memory of The World  Regional Committee for Asia and Pacific, Mr. Andrew Henderson.

Setelah peluncuran program Register Arsip sebagai MKB acara dilanjutkan dengan webinar mengenai MKB yang menghadirkan para pembicara profesional diantaranya Chair of The Australian MOW Committee, Ms. Roslyn Russell, Plt. Deputi Bidang Konservasi Arsip, Dra. Multi Siswati, MM, Dewan Pakar MOW Indonesia, Dr. Mukhlis PaEni, MA. Acara webinar mengenai MKB dimoderatori  Eli Ruliawati, S.Sos, MAP

( is )


Penulis : is
Editor : Sitty Annisaa

Bagikan

Views: 1560