Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta 12560

Uber Arsip
Logo ANRI

ANRI Gelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

ANRI Gelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila ANRI Gelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila ANRI Gelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

01

Oct 22

ANRI Gelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

Jakarta (1/10/2022) - Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) menyelenggarakan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, 1 Oktober 2022 yang diikuti oleh seluruh jajaran pegawai dan anggota Dhama Wanita Persatuan ANRI. Upacara dilaksanakan secara luring dan daring.

"Hari Kesaktian Pancasila diperingati setiap tahunnya agar masyarakat dapat memahami sejarah bangsa Indonesia. Dan begitu pula pentingnya peran Pancasila sebagai ideologi utama negara," ungkap Kepala ANRI, Imam Gunarto.

Imam Gunarto menambahkan bahwa sebagai Aparatur Sipil Negara, peringatan Hari kesaktian Pancasila juga harus dimaknai dengan selalu mendukung dan patuh terhadap kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah.

"Kita harus selalu mengingat dan memegang teguh dan apa yang dikatakan Bapak Presiden bahwa kita harus bisa membumikan Pancasila, mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila yang tidak saja bersifat tekstual, tetapi kita harus mengembangkanya secara kontekstual," terang Imam. Menurutnya, konteksualisasi Pancasila menjadi sangat penting agar relevansi Pancasila tidak sekedar pada tataran konsep, tetapi yang lebih utama adalah bagaimana Pancasila itu diamalkan, dijalankan dalam praktek kehidupan sehari-hari.

( HM )