08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

ANRI dan BPIP Tanda Tangani Nota Kesepahaman Penyelenggaraan Kearsipan

ANRI dan BPIP Tanda Tangani Nota Kesepahaman Penyelenggaraan Kearsipan ANRI dan BPIP Tanda Tangani Nota Kesepahaman Penyelenggaraan Kearsipan ANRI dan BPIP Tanda Tangani Nota Kesepahaman Penyelenggaraan Kearsipan ANRI dan BPIP Tanda Tangani Nota Kesepahaman Penyelenggaraan Kearsipan

22

Dec 20

ANRI dan BPIP Tanda Tangani Nota Kesepahaman Penyelenggaraan Kearsipan

Jakarta (22/12/2020) – Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) dan  Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) melaksanakan Penandatanganan Nota Kesepahaman  mengenai Penyelenggaraan Kearsipan secara daring dan luring, Selasa (22/12). Kegiatan secara luring digelar di Ruang Serba Guna Noerhadi Magetsari ANRI, Jakarta Selatan.

Dalam kegiatan tersebut turut hadir secara luring Kepala BPIP Yudian Wahyudi, Duta Arsip Rieke Diah Pitaloka, serta Pejabat Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama dari ANRI dan BPIP. Adapun Sekretaris Dewan Pengarah BPIP Mayjen (purn) Wisnu Bawa Tenaya, Anggota Dewan Pengarah  BPIP Rikard Bagun dan Andreas  Yewangoe, serta Wakil Kepala BPIP Haryono.

Dalam sambutannya, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala ANRI, M. Taufik menyampaikan nota kesepahaman antara BPIP dan ANRI memiliki arti yang sangat penting dalam rangka penyelamatan arsip sebagai memori kolektif dan jati diri bangsa. “Terkait dengan hal ini, salah satu misi penting ANRI adalah konteks penyelamaatan dan pelestarian arsip, bangsa yang besar adalah bangsa yang pandai menyelamatkan dan melestarikan arsipnya,” papar M. Taufik.

Pancasila, fisolofi dan dasar negara, yang digali dan dirumuskan dari nilai-nilai yang tumbuh di dalam kehidupan bangsa Indonesia, menyimpan nilai luhur bagi kelangsungan hidup bangsa Indonesia. ANRI dan BPIP merasa perlu untuk menghangatkan kembali kesadaran akan pentingnya nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Kepala BPIP Yudian Wahyudi menyampaikan terima kasih kepada ANRI yang sudah bekerja sama dan bersama bisa mengaktualisasi nilai nilai Pancasila.  “Kita dapat bekerja sama, ANRI yang mendokumentasikannya dan BPIP yang mengaktualisasikan nilai-nilainya, “ ujar Yudian Wahyudi.

Setelah kegiatan penandatangan nota kesepahaman, Kepala BPIP beserta jajaran didampingi oleh Plt. Kepala ANRI berkunjung melihat-lihat arsip yang berkaitan dengan Pancasila yang digelar di Gedung C ANRI, Jakarta Selatan.

( TH )


Penulis : TH

Bagikan

Views: 761