Akreditasi Penyelenggara Jasa Kearsipan

Akreditasi Kearsipan adalah kegiatan penilaian mutu dan kelayakan terhadap lembaga kearsipan, unit kearsipan, lembaga penyelenggara jasa kearsipan serta lembaga penyelenggara pendidikan dan pelatihan kearsipan.

Lembaga Penyelenggara Jasa Kearsipan adalah setiap bentuk usaha yang melakukan kegiatan dengan tujuan memperoleh keuntungan atau laba yang berbentuk badan hukum yang didirikan dan/atau berkedudukan dalam wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang menyelenggarakan jasa kearsipan.

Dalam pelaksanaan Akreditasi Kearsipan, Peserta Akreditasi Kearsipan harus memenuhi antara lain:

1.       Syarat administratif meliputi:

a. berbadan hukum bagi Lembaga Penyelenggara Jasa Kearsipan dan LP3K swasta;

b. telah masuk pada database pengawasan penyelenggaraan kearsipan.

2.       Bagi Lembaga Penyelenggara Jasa Kearsipan memiliki Pedoman Penyelenggaraan Jasa Kearsipan dan telah melakukan minimal 3 (tiga) kali kegiatan penyelenggaraan jasa kearsipan sesuai dengan bidang yang akan diakreditasi

3.       Bagi LP3K, antara lain memiliki Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan Kearsipan; dan  telah melakukan minimal 3 (tiga) kali kegiatan pendidikan dan pelatihan kearsipan sesuai dengan bidang yang akan diakreditasi.

 

 

RECENT POSTS

KEMENHUB SERAHKAN ARSIP STATISNYA KE ANRI DAN CANANGKAN GNSTA

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) serahkan arsip statisnya ke Arsip Nasional Republik Indonesia. Arsip statis Kemenhub diserahkan secara simbolis oleh Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi kepada Kepala ANRI, Mustari Irawan di Kantor Kemenhub, Medan Merdeka Barat, Jakarta (13/11).

Arsip Kemenhub yg diserahkan ke ANRI berisi mengenai kebijakan yg terkait dengan sektor perhubungan dan kerja sama luar negeri sejumlah 42…

Sinergitas dan Semangat Pengelolaan Arsip Statis pada Kedeputian Bidang Konservasi Arsip

Bogor (8/11/2018) Kedeputian Bidang Konservasi Arsip terus berupaya meningkatkan sinergitas dan semangat pengelolaan arsip statis dengan melaksanakan kegiatan dalam bentuk rapat kerja bersama se-Kedeputian Bidang Konservasi Arsip yang bertujuan membangun kebersamaan seluruh pegawai di lingkungan Kedeputian Bidang Konservasi Arsip dalam rangka menguatkan ikatan kekeluargaan, membangun kekuatan jiwa raga, dan kemampuan interaksi sesama pegawai untuk mewujudkan sinergitas se-Kedeputian Bidang…

ANRI GELAR RAKOR PENYELAMATAN ARSIP BUMN

Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) penguatan penyelenggaraan kearsipan dan penyelamatan arsip di lingkungan BUMN (7/11) di Jakarta.

Rakor  dibuka oleh Kepala ANRI Mustari Irawan, dalam pengarahannya Mustari berharap bahwa Rakor ini adalah disamping membangun pemahaman dan persepsi yang sama tentang pentingnya arsip atau dokumen perusahaan BUMN serta penting juga untuk kelanjutan status dari dokumen tersebut.

Rakor…