ANRI DAN UNIVERSITAS SUBANG GELAR SEMINAR PENGELOLAAN ARSIP SEKTOR PUBLIK DAN BISNIS

13 Februari 2018

Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) bekerja sama dengan Fakultas Ilmu Administrasi (FIA)Universitas Subang (Unsub) menggelar Seminar Nasional “Pengelolaan Arsip Sektor Publik dan Bisnis di Indonesia”. Acara seminar dilaksanakan di Ruang Serba Guna Noerhadi Magetsari, ANRI Ampera Raya, Cilandak, Jakarta Selatan (13/02). Acara Seminar merupakan bagian rangkaian kegiatan Riset dan praktek (Ristek) FIA Unsub yang bertujuan untuk menambah wawasan dan pengetahuan mahasiswa FIA Unsub di bidang pengelolaan kearsipan pada sektor publik dan bisnis.

Dalam laporannya, Dekan FIA Unsub Dr. H. Iwan H. Kusnadi, S.Sos., M.Si., menyampaiakan bahwa selama ini FIA Unsub turut terlibat dalam berbagai kegiatan yang dilaksanakan oleh ANRI. “Selama ini keterlibatan kami Fakultas Ilmu Administrasi Unsub dengan ANRI telah dilaksanakan diantaranya yang pertama sosialisasi yang berkaitan dengan  Konferensi Asia Afrika”, ungkap Iwan H. Kusnadi dalam laporan. Lebih lanjut Iwan menambahkan bahwa FIA Unsub juga pernah mengikuti beberapa kegiatan seminar nasional dan kegiatan lainnya seperti ANRI Award.

Sementara itu, Rektor Unsub Dr. Ir. Drs. H.A. Moeslihat Komara, M.Si menyampaikan pentingnya mengubah pemahaman dan mindset bahwa arsip itu bukan tempat “buangan” pegawai, akan tetapi arsip merupakan pusat informasi. “Arsip itu adalah pusat informasi, pepatah mengatakan bahwa siapa menguasai informasi maka dia akan menguasai dunia”, tutur H.A. Moeslihat Komara.

Acara Seminar dibuka oleh Ketua Yayasan Kutawaringan Subang Dr. Drs. H. Komir Bastaman, SH., MH. Komir Bastaman sangat mengapresiasi sambutan yang diberikan oleh para pimpinan ANRI beserta jajarannya. “Hari ini Pak Kepala (ANRI) dan semua jajaran Eselon I luar biasa hadir”, terang Komir Bastaman. Lebih lanjut Komir Bastaman menyampaikan kepada para hadirin untuk memanfaatkan kesempatan langka ini untuk menyimak dan memperhatikan dengan serius seminar.

Acara Seminar menghadirkan Keynote Speaker, Kepala ANRI, Dr. Mustari Irawan, MPA yang menyampaikan materi “Peranan ANRI dalam Kebijakan Kearsipan di Sektor Publik dan Bisnis”.  Narasumber Kedua Deputi Bidang Konservasi Arsip, Dr. M. Taufik, M.Si., yang menyampaikan materi “Kebijakan Penyelamatan Arsip di Sektor Publik dan Bisnis”. Narasumber terakhir, Dr. Andi Kasman, SE., MM memaparkan materi “Kebijakan Pembinaan Kearsipan di Sektor Publik dan Bisnis”. Acara seminar dimoderatori oleh Direktur Kearsipan Pusat, Drs. Azmi, M.Si. (sa/lnh)      

RECENT POSTS

ANRI Menerima Visitasi Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Tapin Provinsi Kalimatan Selatan

Direktur Kearsipan Pusat Azmi di damping oleh Kepala SubDirektorat Daerah I Abdul Haris , menerima secara langsung Vistasi Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Tapin Provinsi Kalimantan Selatan yang di Ketuai oleh Henny Marlina , Kunjungan ke ANRI  tersebut dalam rangka konsultasi kearsipan yang di pimpin oleh Wakil Bupati Tapin Syafruddin Noor.

Dalam sambutannya yang di sampaikan di depan anggota Komisi I DPRD Kabupaten Tapin , sebagaimana…

ANRI HARAP DISPERSIP SULTENG LANJUTKAN PENYELAMATAN ARSIP

Palu (11/10) – Sebelum mengakhiri penugasan di Sulawesi Tengah (Sulteng), Direktur Preservasi Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) yang juga selaku pimpinan tim _task force_, Kandar menyampaikan beberapa hal berkaitan dengan pelindungan dan penyelamatan arsip akibat bencana. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Sulteng diharapkan dapat menindaklanjuti koordinasi dan pendataan arsip di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang belum tersentuh. Terhambatnya…

ANRI Menyerahkan Aplikasi SIKD Kepada Pemerintahan Provinsi Kalimantan Barat

Pontianak, Kalbar, 11/10/2018, Kepala ANRI Mustari Irawan memberikan sambutan sekaligus melaksanakan penyerahan Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD)  dalam rangka pelaksanaan E-Arsip di lingkungan Pemerintahan Provinsi Kalimantan Barat. Aplikasi SIKD diterima oleh Wakil Gubernur Kalimantan Barat, H. Ria Norsan.

Pada sambutannya, Mustari menyampaikan bahwa implementasi SIKD bertujuan untuk mengoptimalkan pengelolaan arsip dinamis berbasis teknologi…

TIM TANGGAP DARURAT ANRI MULAI IDENTIFIKASI ARSIP BERSEJARAH YANG RUSAK DITERJANG TSUNAMI DI SULAWESI TENGAH

Palu, 10/10/2018. Pada hari ketiga tim _task force_ ANRI melakukan penyelamatan dan pelindungan arsip bernilai sejarah dan vital di Sulawesi Tengah.

Langkah awal, Tim melaksanakan pertemuan dengan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Tengah. Pada kesempatan ini, Direktur Preservasi, Kandar menyampaikan beberapa hal yg diamanatkan  undang-undang dan pentingnya koordinasi antar berbagai lembaga daerah terutama pada dinas kearsipan untuk menjadi…