08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Mengenal Presiden Sukarno dan Sejarah VOC Lebih Dekat di Akhir Pekan

Mengenal Presiden Sukarno dan Sejarah VOC Lebih Dekat di Akhir Pekan Mengenal Presiden Sukarno dan Sejarah VOC Lebih Dekat di Akhir Pekan Mengenal Presiden Sukarno dan Sejarah VOC Lebih Dekat di Akhir Pekan Mengenal Presiden Sukarno dan Sejarah VOC Lebih Dekat di Akhir Pekan Mengenal Presiden Sukarno dan Sejarah VOC Lebih Dekat di Akhir Pekan Mengenal Presiden Sukarno dan Sejarah VOC Lebih Dekat di Akhir Pekan Mengenal Presiden Sukarno dan Sejarah VOC Lebih Dekat di Akhir Pekan Mengenal Presiden Sukarno dan Sejarah VOC Lebih Dekat di Akhir Pekan

21

Jan 23

Mengenal Presiden Sukarno dan Sejarah VOC Lebih Dekat di Akhir Pekan

ANRI Gajahmada - 21/01/23, Mengenal Presiden Sukarno dan Sejarah VOC Lebih Dekat di Akhir Pekan

 

Jakarta – 22/1/23, Liburan akhir pekan yang panjang tidak menyurutkan para pengunjung untuk belajar sejarah. Pada tanggal 21 – 22 Januari 2023, Pusat Studi Arsip Statis Kepresidenan (Pusdipres) menerima tiga kunjungan, yaitu alumni Jurusan Teknik Arsitektur Institut Teknologi Bandung (ITB) Angkatan 1979, The French section of the Indonesian Heritage Society in Jakarta, dan Komunitas Jelajah Budaya.

Pada 21 Januari 2023 Pusdispres menerima kunjungan dari alumni dari Jurusan Teknik Institut Teknologi Bandung (ITB) Angkatan 1978. Kunjungan diterima oleh salah seorang arsiparis di lingkungan Pusdipres, Muhammad Bara Tama Sakti. Agenda kunjungan meliputi kunjungan ke Bangunan Cagar Budaya dan Pameran Arsip Tetap Presiden Pertama Ir. Sukarno. Para peserta menggunakan t-shirt berwarna merah. Kunjungan alumni arsitekur ITB ini cukup unik, ada kedekatan emosional di dalamnya, mengingat Presiden Sukarno juga merupakan alumni ITB bidang arsitektur. Pasca kegiatan pemanduan dilakukan wawancara oleh Tim Pusdipres. “suatu yang belum pernah saya dapatkan dari tempat lain, mendapatkan pengetahuan yang diberikan dari pameran, kalo boleh saran juga tampilkan arsip-arsip Presiden Sukarno ketika bertemu public figure, seperti Marilyn Monroe”, ujar Ibu Susi selaku salah satu alumni.

Kunjungan kedua yang diterima oleh Pusdipres berasal dari The French section of the Indonesian Heritage Society in Jakarta. Kunjungan diterima oleh Ari Syah Bungsu, Octavia S, dan Hanif Aulia Rahman. Jumlah peserta kunjungan sebesar 14 orang Warga Negara Perancis dan Belanda, yang diakomodasi oleh Helena Brikke yang merupakan Ketua Tour Guide yang menyampaikan dalam Bahasa Perancis. Agenda kunjungan berupa visitasi bangunan cagar budaya yang pada awalnya dimiliki oleh Reynier de Klerk yang merupakan salah satu Gubernur Jenderal dari Vereenigde Oostindische Compagnie (VOC). Tim Pusdipres lalu melakukan wawancara kepada Helena Brikke. Dalam wawancara disampaikan bahwa kunjungannya begitu menyenangkan. Bangunannya dijaga dan direnovasi dengan baik sehingga begitu menarik dan banyak menyimpan cerita. Beberapa masukan yang disampaikan adalah penambahan panel informasi pada gambar, taman depan yang perlu ditingkatkan, tidak bisa mengeksplorasi lantai satu secara maksimal dikarenakan panel, dan agar disediakan akses pengunjung untuk memperoleh minuman dan fasilitas berupa meja dan kursi untuk para pengunjung beristirahat.

Pada 22 Januari, Komunitas Jelajah Budaya (KJB) melakukan kunjungan ke Pusdipres. Jumlah kunjungan yang berkisar 50 orang diketuai oleh Bapak Kartum. Agenda kunjungan adalah kunjungan ke Bangunan Cagar Budaya dan Pameran Arsip Tetap Presiden Pertama Ir. Sukarno. Kunjungan diterima oleh arsiparis madya di lingkungan Pusdipres, Ibu Nurarta Situmoran dan Sapta Sunjaya.

( TimPSASK )


Penulis : TimPSASK
Editor : Sitty Annisaa

Bagikan

Views: 1138