Konsultasi Implementasi Penyelenggaraan Kearsipan Daerah

  1. JENIS – JENIS KONSULTASI ARSIP INSTANSI DAERAH:
  • Konsultasi penyusun instrumen pengelolaan arsip dinamis, meliputi tata naskah dinas, klasifikasi arsip, jadwal retensi arsip dan klasifikasi keamanan dan akses arsip serta instrumen pengelolaan arsip dinamis lainnya
  • Konsultasi penyusunan program kerja dan kegiatan di bidang kearsipan Pemerintah Daerah
  • Konsultasi aplikasi Tata Naskah Dinas Elektronik (TNDE)
  • Konsultasi pembentukan unit kearsipan
  • Konsultasi penyusunan Jadwal Retensi Arsip (JRA)
  • Konsultasi pengurusan surat
  • Konsultasi pemberkasan arsip
  • Konsultasi pengelolaan arsip terjaga
  • Konsultasi pengelolaan arsip aktif di unit pengolah
  • Konsultasi program arsip vital
  • Konsultasi penyusun / pendataan arsip aset
  • Konsultasi penataan arsip inaktif di unit kearsipan
  • Konsultasi penyusutan arsip berupa pemindahan arsip inaktif
  • Konsultasi prosedur penyusutan arsip
  • Konsultasi pembenahan arsip
  • Konsultasi akses arsip
  • Konsultasi standar Record Center (Pusat Arsip)
  • Konsultasi penyimpanan fisik arsip baik media konvensional, media baru dan elektronik
  • Konsultasi kertas untuk arsip bernilai guna sekunder ( permanen )
  • Konsultasi prasarana dan sarana arsip
  • Konsultasi alih media arsip
  • Konsultasi autentikasi arsip alih media
  • Konsultasi aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD)
  • Konsultasi peningkatan kesadaran pentingnya arsip pada Pemerintah Daerah
  • Konsultasi tata cara pembinaan kearsipan oleh unit kearsipan di lingkungan Pemerintah Daerah
  • Konsultasi pemilihan unit kearsipan terbaik di lingkungan Pemerintah Daerah

 

     2. MATERI – MATERI YANG DAPAT DIKONSULTASIKAN

Meliputi lembaga, sistem serta prasarana dan sarana kearsipan, seperti :

  • Penyusun instrumen pengelolaan arsip dinamis meliputi tata naskah dinas, klasifikasi arsip, jadwal retensi arsip dan klasifikasi keamanan dan akses arsip sertainstrumen pengelolaan arsip dinamis lainnya
  • Penyusunan program kerja dan kegiatan di bidang kearsipan Pemerintah Daerah
  • Pembentukan unit kearsipan
  • Tata Naskah Dinas dan TNDE
  • Pengurusan surat
  • Pemberkasan arsip
  • Kode klasifikasi arsip
  • Jadwal Retensi Arsip (JRA)
  • Pengelolaan arsip terjaga
  • Pengelolaan arsip aktif di unit pengolah
  • Program arsip vital
  • Penyusun / pendataan arsip aset
  • Penataan arsip inaktif di unit kearsipan
  • Penyusutan arsip berupa pemindahan arsip inaktif
  • Penyusutan arsip
  • Pembenahan arsip yang tidak teratur
  • Record Center (Pusat Arsip)
  • Penyimpanan fisik arsip baik media konvensional, media baru dan elektronik
  • Standar kertas untuk arsip bernilai guna sekunder ( permanen )
  • Standar prasarana dan sarana arsip
  • Alih media arsip
  • Autentikasi arsip alih media
  • Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD)
  • Tata cara pembinaan kearsipan oleh unit kearsipan di lingkungan Pemerintah Daerah


    3. PEMBAGIAN WILAYAH KERJA KEARSIPAN DAERAH I DAN II

1) Wilayah I terdiri atas Provinsi Bali, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, Sulawesi Barat, Nusa Tenggara Timur, Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat.

(2) Wilayah II terdiri atas Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Sumatera Selatan, Jambi, Bengkulu, Lampung, Bangka Belitung, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, dan Banten.


    4. CONTACT PERSON PERMOHONAN KONSULTASI ARSIP PROSEDUR DAN ALUR PERMOHONAN KONSULTASI ARSIP BAGI   KEMENTERIAN / LEMBAGA DAN PTN

  • Direktorat kearsipan Daerah I, nomor telpon 021-7805851 ex 217, 239, 215, 236, dan 612
  • Direktorat kearsipan Daerah II, nomor telpon 021-7805851 ex 105, 211, 234,  257, dan 216

RECENT POSTS

DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN KABUPATEN BADUNG RAIH AKREDITASI " A" PENYELENGGARAAN KEARSIPAN

Jakarta (15/10) - Berdasarkan hasil penilaian verifikasi lapangan dan pengujian yang dilakukan oleh Tim Asesor Akreditasi Kearsipan Pusat Akreditasi Kearsipan ANRI, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Badung memperoleh akreditasi kearsipan lembaga kearsipan daerah dengan Kualifikasi A (Sangat Baik).

Hasil akreditasi tersebut dikeluarkan pada sidang pleno Majelis Pertimbangab Akreditasi Kearsipan yang dipimpin langsung oleh Kepala Pusat Akreditasi Kearsipan,…

WUJUDKAN TATA KELOLA ARSIP PERGURUAN TINGGI LEBIH BAIK, KEMENRISTEKDIKTI CANANGKAN GNSTA

Jakarta (14/10) - Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) canangkan Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip (GNSTA). Acara pencanangan GNSTA dilaksanakan di Kantor Kemenristekdikti, Senayan, Jakarta, Senin, 14 Oktober 2019. Acara pencanangan dihadiri oleh para pejabat pimpinan tinggi madya dan pratama di lingkungan Kementerian Ristekdikti. Hal ini menggambarkan keseriusan instansi dalam mengelola kearsipan sebagaimana yang diwajibkan oleh Undang–Undang Nomor 43…

KOMITMEN TERHADAP PENGELOLAAN ARSIP, KEJAKSAAN AGUNG RI CANANGKAN GNSTA

Jakarta (14/10) - Kejaksaan Agung RI canangkan Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip (GNSTA). Acara pencanangan GNSTA dilaksanakan di Kantor Kejaksaan Agung RI, Jakarta, Senin, 14 Oktober 2019. Acara pencanangan dihadiri oleh para pejabat pimpinan tinggi madya dan pratama di lingkungan Kejaksaan Agung RI. Hal ini menggambarkan keseriusan instansi dalam mengelola kearsipan sebagaimana yang diwajibkan oleh Undang–Undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan. “Seperti kita ketahui bahwa GNSTA…

KADO DUA DASAWARSA UNTUK SIAK KOTA ISTANA

Menyambut usia yang Ke-20 Tahun Kabupaten Siak, Plt. Kepala Arsip Nasional RI (ANRI), Dr. M. Taufik, M.Si menyerahkan buku Citra Daerah berjudul “Citra Kabupaten Siak Dalam Arsip” kepada Gubernur Riau, Drs. H. Syamsuar, M.Si, Bupati Siak, Drs. H. Alfredri, M.Si, dan Ketua DPRD Kabupaten Siak, H. Azmi, S.E. dalam rangkaian kegiatan Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Sempena Hari Jadi Kabupaten Siak Ke-20 di Ruang Sidang DPRD, Siak (12/10).

Serah terima…