Konsultasi Implementasi Penyelenggaraan Kearsipan Daerah

  1. JENIS – JENIS KONSULTASI ARSIP INSTANSI DAERAH:
  • Konsultasi penyusun instrumen pengelolaan arsip dinamis, meliputi tata naskah dinas, klasifikasi arsip, jadwal retensi arsip dan klasifikasi keamanan dan akses arsip serta instrumen pengelolaan arsip dinamis lainnya
  • Konsultasi penyusunan program kerja dan kegiatan di bidang kearsipan Pemerintah Daerah
  • Konsultasi aplikasi Tata Naskah Dinas Elektronik (TNDE)
  • Konsultasi pembentukan unit kearsipan
  • Konsultasi penyusunan Jadwal Retensi Arsip (JRA)
  • Konsultasi pengurusan surat
  • Konsultasi pemberkasan arsip
  • Konsultasi pengelolaan arsip terjaga
  • Konsultasi pengelolaan arsip aktif di unit pengolah
  • Konsultasi program arsip vital
  • Konsultasi penyusun / pendataan arsip aset
  • Konsultasi penataan arsip inaktif di unit kearsipan
  • Konsultasi penyusutan arsip berupa pemindahan arsip inaktif
  • Konsultasi prosedur penyusutan arsip
  • Konsultasi pembenahan arsip
  • Konsultasi akses arsip
  • Konsultasi standar Record Center (Pusat Arsip)
  • Konsultasi penyimpanan fisik arsip baik media konvensional, media baru dan elektronik
  • Konsultasi kertas untuk arsip bernilai guna sekunder ( permanen )
  • Konsultasi prasarana dan sarana arsip
  • Konsultasi alih media arsip
  • Konsultasi autentikasi arsip alih media
  • Konsultasi aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD)
  • Konsultasi peningkatan kesadaran pentingnya arsip pada Pemerintah Daerah
  • Konsultasi tata cara pembinaan kearsipan oleh unit kearsipan di lingkungan Pemerintah Daerah
  • Konsultasi pemilihan unit kearsipan terbaik di lingkungan Pemerintah Daerah

 

     2. MATERI – MATERI YANG DAPAT DIKONSULTASIKAN

Meliputi lembaga, sistem serta prasarana dan sarana kearsipan, seperti :

  • Penyusun instrumen pengelolaan arsip dinamis meliputi tata naskah dinas, klasifikasi arsip, jadwal retensi arsip dan klasifikasi keamanan dan akses arsip sertainstrumen pengelolaan arsip dinamis lainnya
  • Penyusunan program kerja dan kegiatan di bidang kearsipan Pemerintah Daerah
  • Pembentukan unit kearsipan
  • Tata Naskah Dinas dan TNDE
  • Pengurusan surat
  • Pemberkasan arsip
  • Kode klasifikasi arsip
  • Jadwal Retensi Arsip (JRA)
  • Pengelolaan arsip terjaga
  • Pengelolaan arsip aktif di unit pengolah
  • Program arsip vital
  • Penyusun / pendataan arsip aset
  • Penataan arsip inaktif di unit kearsipan
  • Penyusutan arsip berupa pemindahan arsip inaktif
  • Penyusutan arsip
  • Pembenahan arsip yang tidak teratur
  • Record Center (Pusat Arsip)
  • Penyimpanan fisik arsip baik media konvensional, media baru dan elektronik
  • Standar kertas untuk arsip bernilai guna sekunder ( permanen )
  • Standar prasarana dan sarana arsip
  • Alih media arsip
  • Autentikasi arsip alih media
  • Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD)
  • Tata cara pembinaan kearsipan oleh unit kearsipan di lingkungan Pemerintah Daerah


    3. PEMBAGIAN WILAYAH KERJA KEARSIPAN DAERAH I DAN II

1) Wilayah I terdiri atas Provinsi Bali, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, Sulawesi Barat, Nusa Tenggara Timur, Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat.

(2) Wilayah II terdiri atas Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Sumatera Selatan, Jambi, Bengkulu, Lampung, Bangka Belitung, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, dan Banten.


    4. CONTACT PERSON PERMOHONAN KONSULTASI ARSIP PROSEDUR DAN ALUR PERMOHONAN KONSULTASI ARSIP BAGI   KEMENTERIAN / LEMBAGA DAN PTN

  • Direktorat kearsipan Daerah I, nomor telpon 021-7805851 ex 217, 239, 215, 236, dan 612
  • Direktorat kearsipan Daerah II, nomor telpon 021-7805851 ex 105, 211, 234,  257, dan 216

RECENT POSTS

ANRI SERAHKAN APLIKASI SIKD KE PROVINSI GORONTALO

Salam ARSIP!

Deputi Bidang Pembinaan Kearsipan ANRI, Andi Kasman menyerahkan aplikasi e-Arsip dengan Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD) kepada Pemerintah Provinsi Gorontalo, yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Prov. Gorontalo, Darda Daraba,  bertempat di Ballroom Hotel Maqna. Penyerahan aplikasi SIKD tersebut didampingi oleh Kadis Kearsipan dan Perpustakaan Prov. Gorontalo Yosef Koton, Kasubdit Pusat III Sulistyowati, Arsiparis Madya Rudi Andri Syahputra,…

KEPALA ANRI LANTIK PEJABAT PIMPINAN TINGGI PRATAMA DAN FUNGSIONAL PRANATA KOMPUTER

Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Mustari Irawan melantik Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dan Fungsional Pranata Komputer di lingkungan ANRI. 

Adapun pejabat yang dilantik diantaranya Kepala Subdirektorat Akuisisi Arsip II, Drs.Hilman Rosmana, M.Hum, diangkat dalam jabatan Direktur Kearsipan Daerah I. Berikutnya, Kepala Bidang Akreditasi Daerah Wawan, S.IP, M.AP diangkat dalam jabatan Direktur Kearsipan Daerah II dan Sarip Hidayat, S.Kom,M.Si diangkat…

ANRI Menerima Visitasi Peserta Diklat dari Kemenkum dan HAM dan Peserta Diklat Kemenhan

Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kearsipan ANRI , Listianingtyas Murgiwati di damping oleh Kepala Bagian Humas dan TU Pimpinan Gurandhyka, menerima secara langsung Visitasi Peserta Diklat Pengangkatan Arsiparis Tingkat Terampil Kementrian Hukum dan HAM RI yang di pimpin oleh Kepala Pusat Pengembangan Pendidikan dan pelatihan Fungsional dan HAM Pocut Eliza, dan peserta Diklat Teknis Administrasi…