Sertifikasi SDM Kearsipan

 

Sertifikasi Jabatan Fungsional Arsiparis adalah proses pemberian sertifikat kompetensi kearsipan kepada Arsiparis PNS yang dilakukan secara sistematis dan obyektif melalui uji kompetensi yang mengacu pada Standar Kompetensi Jabatan Fungsional Arsiparis.

Sasaran Sertifikasi Jabatan Fungsional Arsiparis adalah PNS yang menduduki jabatan fungsional Arsiparispada Lembaga Negara, Pemerintahan Daerah, dan PTN.

Sertifikasi Jabatan Fungsional Arsiparis bertujuan untuk:

a. menjamin mutu penyelenggaraan kearsipan secara nasional;

b. menjamin profesionalitas Arsiparis;

c. memelihara, meningkatkan, dan melindungi kompetensi Jabatan Fungsional Arsiparis;

d. mengembangkan profesi Arsiparis; dan

e. memberikan pengakuan formal terhadap kompetensi Jabatan Fungsional Arsiparis.

 

Jenis Sertifikasi Jabatan Fungsional Arsiparis terdiri atas:

a. Sertifikasi Jabatan Fungsional Arsiparis dalam rangka penyesuaian ke dalam Jabatan Fungsional Arsiparis (inpassing);

b. Sertifikasi Jabatan Fungsional Arsiparis Kategori Keterampilan dan Kategori Keahlian dalam rangka kenaikan jenjang jabatan setingkat lebih tinggi;

c. Sertifikasi Jabatan Fungsional Arsiparis dalam rangka Alih Jabatan dari Kategori Keterampilan ke Kategori Keahlian;

d. Sertifikasi Jabatan Fungsional Arsiparis dalam rangka pengangkatan kembali bagi PNS ke dalam Jabatan Fungsional Arsiparis Kategori Keterampilan;

e. Sertifikasi Jabatan Fungsional Arsiparis dalam rangka pengangkatan kembali bagi PNS ke dalam Jabatan Fungsional Arsiparis Kategori Keahlian;

f. Sertifikasi Jabatan Fungsional Arsiparisdalam rangka perpindahan jabatan dari Jabatan Struktural ke dalam Jabatan Fungsional Arsiparis.

g. Sertifikasi Jabatan Fungsional Arsiparisdalam rangka perpindahan jabatan dari pejabat fungsional tertentu lainnya ke dalam Jabatan Fungsional Arsiparis Kategori Keterampilan dan Kategori Keahlian.

RECENT POSTS

ANRI GELAR EKSPOSE KAJIAN GRAND DESIGN SISTEM KEARSIPAN NASIONAL

Kedeputian Bidang Informasi dan Pengembangan Sistem Kearsipan (IPK) Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) menyelenggarakan Ekspose Kajian Grand Desain Sistem Kearsipan Nasional. Acara Ekspose diselenggarakan di Hotel Santika, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta (12-14/12).

Acara ekspose bertujuan untuk memperoleh saran dan masukan dari para peserta ekspose yang berasal dari para pejabat, arsiparis dan perwakilan fungsional tertentu di lingkungan ANRI. 

Kepala…

ANRI Jalin Kerja Sama Kearsipan dengan Bekraf

Jakarta (10/12) - Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) menjalin kerja sama di bidang kearsipan dengan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) yang dituangkan dalam Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding).
Kepala ANRI, Mustari Irawan dan Kepala Bekraf, Triawan Munaf menandatangani MoU tersebut di Kantor Bekraf yang bertempat di Gedung Kementerian Badan Usaha Milik…