Konsultasi Implementasi Penyelenggaraan Kearsipan

Konsultasi Kearsipan Pusat


  1. JENIS – JENIS KONSULTASI ARSIP INSTANSI PUSAT:
  • Konsultasi penyusun instrumen pengelolaan arsip dinamis, meliputi tata naskah dinas, klasifikasi arsip, jadwal retensi arsip dan klasifikasi keamanan dan akses arsip serta instrumen pengelolaan arsip dinamis lainnya
  • Konsultasi penyusunan program kerja dan kegiatan di bidang kearsipan kementerian / lembaga dan PTN
  • Konsultasi aplikasi Tata Naskah Dinas Elektronik (TNDE)
  • Konsultasi pembentukan unit kearsipan
  • Konsultasi pembentukan lembaga kearsipan perguruan tinggi
  • Konsultasi penyusunan Jadwal Retensi Arsip (JRA)
  • Konsultasi pengurusan surat
  • Konsultasi pemberkasan arsip
  • Konsultasi pengelolaan arsip terjaga
  • Konsultasi pengelolaan arsip aktif di unit pengolah
  • Konsultasi program arsip vital
  • Konsultasi penyusun / pendataan arsip aset
  • Konsultasi penataan arsip inaktif di unit kearsipan
  • Konsultasi penyusutan arsip berupa pemindahan arsip inaktif
  • Konsultasi prosedur penyusutan arsip
  • Konsultasi pembenahan arsip
  • Konsultasi akses arsip
  • Konsultasi standar Record Center (Pusat Arsip)
  • Konsultasi standar Depot Arsip Statis di PTN
  • Konsultasi penyimpanan fisik arsip baik media konvensional, media baru dan elektronik
  • Konsultasi kertas untuk arsip bernilai guna sekunder ( permanen )
  • Konsultasi prasarana dan sarana arsip
  • Konsultasi alih media arsip
  • Konsultasi autentikasi arsip alih media
  • Konsultasi aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD)
  • Konsultasi peningkatan kesadaran pentingnya arsip pada kementerian / lembaga dan PTN
  • Konsultasi tata cara pembinaan kearsipan oleh unit kearsipan di lingkungan kementerian / lembaga dan PTN
  • Konsultasi pemilihan unit kearsipan terbaik di lingkungan kementerian / lembaga dan PTN

 

     2. MATERI – MATERI YANG DAPAT DIKONSULTASIKAN

Meliputi lembaga, sistem serta prasarana dan sarana kearsipan, seperti :

  • Penyusun instrumen pengelolaan arsip dinamis meliputi tata naskah dinas, klasifikasi arsip, jadwal retensi arsip dan klasifikasi keamanan dan akses arsip sertainstrumen pengelolaan arsip dinamis lainnya
  • Penyusunan program kerja dan kegiatan di bidang kearsipan kementerian / lembaga dan PTN
  • Pembentukan unit kearsipan
  • Pembentukan lembaga kearsipan perguruan tinggi
  • Tata Naskah Dinas dan TNDE
  • Pengurusan surat
  • Pemberkasan arsip
  • Kode klasifikasi arsip
  • Jadwal Retensi Arsip (JRA)
  • Pengelolaan arsip terjaga
  • Pengelolaan arsip aktif di unit pengolah
  • Program arsip vital
  • Penyusun / pendataan arsip aset
  • Penataan arsip inaktif di unit kearsipan
  • Penyusutan arsip berupa pemindahan arsip inaktif
  • Penyusutan arsip
  • Pembenahan arsip yang tidak teratur
  • Record Center (Pusat Arsip)
  • Standar Depot Arsip Statis di PTN
  • Penyimpanan fisik arsip baik media konvensional, media baru dan elektronik
  • Standar kertas untuk arsip bernilai guna sekunder ( permanen )
  • Standar prasarana dan sarana arsip
  • Alih media arsip
  • Autentikasi arsip alih media
  • Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD)
  • Tata cara pembinaan kearsipan oleh unit kearsipan di lingkungan kementerian / lembaga dan PTN

 

     3. STAKEHOLDER KONSULTASI ARSIP

  1. Pembinaan kearsipan pada kementerian / lembaga dan PTN seperti :
  • Setingkat eselon  II : Biro Umum, Biro Administrasi Kementerian dan Perwakilan, Biro Administrasi Umum dan sebagainya ;
  • Setingkat eselon III : Kepala Bagian TU Kementerian, Kepala Bagian Tata Usaha, Kepegawaian dan Humas dan sebagainya ;
  • Setingkat eselon IV : Kasubag Arsip, Kasubag Tata Usaha dan Arsip, dan sebagainya

     2. Unit pengolah pada kementerian / lembaga dan PTN seperti Dirjen, Badan, Balai, dan sebagainya

     3. Kepala UPT Arsip PTN

 

    4. PROSEDUR DAN ALUR PERMOHONAN KONSULTASI ARSIP BAGI INSTANSI PUSAT (pdf)

    5. CONTACT PERSON PERMOHONAN KONSULTASI ARSIP PROSEDUR DAN ALUR PERMOHONAN KONSULTASI ARSIP BAGI   KEMENTERIAN / LEMBAGA DAN PTN

  • Direktorat kearsipan Pusat, nomor telpon 021-7805851 ex 105, 257,234 dan 232
  • Email : anri.ditkp@gmail.com

RECENT POSTS

ANRI GELAR TRAINING KEARSIPAN BAGI TIMOR LESTE

Bali, 24 Juni 2019. Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) menyelenggarakan Training On Records And Archives Management for Timor Leste. Acara training dilaksanakan dalam rangka mengimplementasikan program pengembangan kapasitas sumber daya manusia bagi warga Timor Leste di bidang Kearsipan dalam kerangka kerjasama bilateral antara Arsip Nasional RI dan Pemerintah Timor Leste. Acara Training dibuka oleh Kepala ANRI, Mustari Irawan di Kuta, Bali.

Training On Records…

WORKSHOP AGEN PERUBAHAN

ANRI selenggarakan Workshop Agen Perubahan (20/06). Workshop diselenggarakan dalam rangka meningkatkan implementasi Reformasi Birokrasi di lingkungan ANRI. Adapun peserta workshop terdiri dari para Agen Perubahan ANRI.

Pada kesempatan ini, Adelina Sirait, Chief Reporting Officer pada Central Transformation Office Kementerian Keuangan berbagi pengalaman mengenai Manajemen Perubahan di lingkungan Kementerian Keuangan.(is)

ENAM PULUH MENIT MEMBAHAS ARSIP: DEPUTI BIDANG IPK ANRI BERSAMA BUPATI CILACAP

Cilacap (19/06/2019). Deputi Bidang Informasi dan Pengembangan Sistem Kearsipan (IPK), yang dalam hal ini mewakili Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), melakukan audiensi dengan Bupati Kabupaten Cilacap dalam rangka pelaksanaan kegiatan pemantauan dan evaluasi penyelenggaraan SIKN dan JIKN. Dalam audiensi ini, selain merupakan bentuk silaturahim antarlembaga, kedua pejabat ini membahas berbagai hal berkaitan dengan kearsipan.

Kunjungan kerja diterima oleh Bupati…