Rekomendasi Pemusnahan Arsip

Bahwa dalam rangka efisiensi dan efektivitas pengelolaan arsip  telah diatur mengenai tata cara penyimpanan, pemindahan, penyerahan, dan pemusnahan arsip .


Peraturan Pemerintah No. 28 Tahun 2012 ini diatur mengenai kegiatan-kegiatan untuk memberikan pedoman yang dapat digunakan sebagai dasar atau pegangan dalam melaksanakan penyerahan dan pemusnahan arsip  melalui tahap-tahap yang ditentukan.


Kegiatan-kegiatan penyerahan dan pemusnahan arsip  tersebut, merupakan salah satu sarana penting untuk menyelamatkan dan melestarikan bahan bukti resmi yang mempunyai nilai guna bagian kepentingan nasional dan untuk mengatasi penimbunan arsip  yang tidak berguna, mengurangi beban penyimpanan, dan menghemat ruangan serta memungkinkan terkumpulnya arsip  yang selektif.

Dengan demikian akan dapat dihindarkan kemungkinan musnahnya arsip  yang mempunyai nilai guna ataupun yang mengandung nilai informasi yang mempunyai nilai guna bagi kepentingan nasional.

Hal-hal yang diatur dalam Peraturan Pemerintah ini meliputi beberapa ketentuan umum yang berlaku untuk penyerahan dan pemusnahan arsip , arsip  yang wajib diserahkan kepada Arsip Nasional, tata cara penyerahan arsip , arsip  yang dapat dimusnahkan, dan tata cara pemusnahan arsip.

RECENT POSTS

DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN KABUPATEN BADUNG RAIH AKREDITASI " A" PENYELENGGARAAN KEARSIPAN

Jakarta (15/10) - Berdasarkan hasil penilaian verifikasi lapangan dan pengujian yang dilakukan oleh Tim Asesor Akreditasi Kearsipan Pusat Akreditasi Kearsipan ANRI, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Badung memperoleh akreditasi kearsipan lembaga kearsipan daerah dengan Kualifikasi A (Sangat Baik).

Hasil akreditasi tersebut dikeluarkan pada sidang pleno Majelis Pertimbangab Akreditasi Kearsipan yang dipimpin langsung oleh Kepala Pusat Akreditasi Kearsipan,…

WUJUDKAN TATA KELOLA ARSIP PERGURUAN TINGGI LEBIH BAIK, KEMENRISTEKDIKTI CANANGKAN GNSTA

Jakarta (14/10) - Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) canangkan Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip (GNSTA). Acara pencanangan GNSTA dilaksanakan di Kantor Kemenristekdikti, Senayan, Jakarta, Senin, 14 Oktober 2019. Acara pencanangan dihadiri oleh para pejabat pimpinan tinggi madya dan pratama di lingkungan Kementerian Ristekdikti. Hal ini menggambarkan keseriusan instansi dalam mengelola kearsipan sebagaimana yang diwajibkan oleh Undang–Undang Nomor 43…

KOMITMEN TERHADAP PENGELOLAAN ARSIP, KEJAKSAAN AGUNG RI CANANGKAN GNSTA

Jakarta (14/10) - Kejaksaan Agung RI canangkan Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip (GNSTA). Acara pencanangan GNSTA dilaksanakan di Kantor Kejaksaan Agung RI, Jakarta, Senin, 14 Oktober 2019. Acara pencanangan dihadiri oleh para pejabat pimpinan tinggi madya dan pratama di lingkungan Kejaksaan Agung RI. Hal ini menggambarkan keseriusan instansi dalam mengelola kearsipan sebagaimana yang diwajibkan oleh Undang–Undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan. “Seperti kita ketahui bahwa GNSTA…

KADO DUA DASAWARSA UNTUK SIAK KOTA ISTANA

Menyambut usia yang Ke-20 Tahun Kabupaten Siak, Plt. Kepala Arsip Nasional RI (ANRI), Dr. M. Taufik, M.Si menyerahkan buku Citra Daerah berjudul “Citra Kabupaten Siak Dalam Arsip” kepada Gubernur Riau, Drs. H. Syamsuar, M.Si, Bupati Siak, Drs. H. Alfredri, M.Si, dan Ketua DPRD Kabupaten Siak, H. Azmi, S.E. dalam rangkaian kegiatan Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Sempena Hari Jadi Kabupaten Siak Ke-20 di Ruang Sidang DPRD, Siak (12/10).

Serah terima…