Mekanisme Pengajuan Keberatan

MEKANISME PENGAJUAN KEBERATAN

Berdasarkan Pasal 35 dan pasal 36 Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik menyatakan :

Pasal 35

(1)Setiap Pemohon Informasi Publik dapat mengajukan keberatan secara tertulis kepada atasan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi berdasarkan alasan berikut:

a.penolakan atas permintaan informasi berdasarkan alasan pengecualian sebagaimana dimaksud dalam Pasal 17;
b.tidak disediakannya informasi berkala sebagaimana dimaksud dalam Pasal 9;
c.tidak ditanggapinya permintaan informasi;
d.permintaan informasi ditanggapi tidak sebagaimana yang diminta;
e.tidak dipenuhinya permintaan informasi;
f.tidak dipenuhinya permintaan informasi;
g.penyampaian informasi yang melebihi waktu yang diatur dalam Undang-Undang ini.
(2)Alasan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf b sampai dengan huruf g dapat diselesaikan secara musyawarah oleh kedua belah pihak.


Pasal 36

(1)Keberatan diajukan oleh Pemohon Informasi Publik dalam jangka waktu paling lambat 30 (tiga puluh) hari kerja setelah ditemukannya alasan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 35 ayat (1).


Tata Cara Pengajuan Keberatan:

1.Mengajukan keberatan secara tertulis yang ditujukan kepada Atasan PPID.
2.Mengisi formulir Pernyataan Keberatan Atas Permohonan Informasi.
3.Menerima salinan formulir sebagai tanda terima pengajuan.
4.Menerima tanggapan pengajuan dan keputusan tertulis dari atasan PPID. Jika tanggapan pengajuan dan keputusan tertulis tidak memuaskan, dapat mengajukan penyelesaian sengketa kepada Komisi Informasi.


Alur Pengajuan Keberatan:

Alur Pengajuan


Unduh Formulir Pengajuan Keberatan disini


RECENT POSTS

ANRI GELAR TRAINING KEARSIPAN BAGI TIMOR LESTE

Bali, 24 Juni 2019. Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) menyelenggarakan Training On Records And Archives Management for Timor Leste. Acara training dilaksanakan dalam rangka mengimplementasikan program pengembangan kapasitas sumber daya manusia bagi warga Timor Leste di bidang Kearsipan dalam kerangka kerjasama bilateral antara Arsip Nasional RI dan Pemerintah Timor Leste. Acara Training dibuka oleh Kepala ANRI, Mustari Irawan di Kuta, Bali.

Training On Records…

WORKSHOP AGEN PERUBAHAN

ANRI selenggarakan Workshop Agen Perubahan (20/06). Workshop diselenggarakan dalam rangka meningkatkan implementasi Reformasi Birokrasi di lingkungan ANRI. Adapun peserta workshop terdiri dari para Agen Perubahan ANRI.

Pada kesempatan ini, Adelina Sirait, Chief Reporting Officer pada Central Transformation Office Kementerian Keuangan berbagi pengalaman mengenai Manajemen Perubahan di lingkungan Kementerian Keuangan.(is)

ENAM PULUH MENIT MEMBAHAS ARSIP: DEPUTI BIDANG IPK ANRI BERSAMA BUPATI CILACAP

Cilacap (19/06/2019). Deputi Bidang Informasi dan Pengembangan Sistem Kearsipan (IPK), yang dalam hal ini mewakili Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), melakukan audiensi dengan Bupati Kabupaten Cilacap dalam rangka pelaksanaan kegiatan pemantauan dan evaluasi penyelenggaraan SIKN dan JIKN. Dalam audiensi ini, selain merupakan bentuk silaturahim antarlembaga, kedua pejabat ini membahas berbagai hal berkaitan dengan kearsipan.

Kunjungan kerja diterima oleh Bupati…