Mekanisme Permohonan Informasi Publik

MEKANISNE PERMOHONAN INFORMASI PUBLIK

Hak dan Kewajiban Pemohon Informasi

Hak Pemohon Informasi Publik

Berdasarkan Pasal 4 Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, dinyatakan bahwa :

(1) Setiap Orang berhak memperoleh Informasi Publik sesuai dengan ketentuan Undang-Undang ini.
(2) Setiap Orang berhak:
 
a. melihat dan mengetahui Informasi Publik;
b. menghadiri pertemuan publik yang terbuka untuk umum untuk memperoleh Informasi Publik;
c. mendapatkan salinan Informasi Publik melalui permohonan sesuai dengan Undang-Undang ini; dan/atau
d. menyebarluaskan Informasi Publik sesuai dengan peraturan perundang-undangan.
(3) Setiap Pemohon Informasi Publik berhak mengajukan permintaan Informasi Publik disertai alasan permintaan tersebut.
(4) Setiap Pemohon Informasi Publik berhak mengajukan gugatan ke pengadilan apabila dalam memperoleh Informasi Publik mendapat hambatan atau kegagalan sesuai dengan ketentuan Undang-Undang ini.

 

Kewajiban Pengguna Informasi Publik

Berdasarkan Pasal 5 Undang–Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, dinyatakan bahwa :

(1) Pengguna Informasi Publik wajib menggunakan Informasi Publik sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.
(2) Pengguna Informasi Publik wajib mencantumkan sumber dari mana ia memperoleh Informasi Publik, baik yang digunakan untuk kepentingan sendiri maupun untuk keperluan publikasi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

 

Waktu Pelayanan :

Senin – Kamis

:

08:00 – 15:00

Istirahat

:

12:00 – 13:00

Jum’at

:

08:00 – 15:00

Istirahat

:

11:30 – 13:30

Sabtu / Minggu

:

Libur

 

Tata Cara Permohonan Informasi Publik:

1. Mengajukan Informasi Publik secara langsung atau melalui surat/ fax/ email/ telepon.
2. Mengisi formulir permohonan dengan menunjukkan identitas diri kepada petugas, menyebutkan informasi yang dibutuhkan serta alasan pengajuan.
3. Menerima tanda bukti permohonan.
4. Menerima tanda terima informasi publik.

 

Biaya :

  • Tidak dipungut biaya untuk memperoleh salinan informasi kecuali diatas 10 lembar halaman.
  • Tersedia jasa pengalihan media informasi yang disesuaikan dengan kebutuhan pemohon dan fasilitas.

 

Alur Permohonan

Alur Permohonan


Formulir Permohonan

Unduh formulir Permohonan Informasi disini (pdf)

Unduh formulir Permohonan Informasi disini (docx)

RECENT POSTS

ANRI GELAR TRAINING KEARSIPAN BAGI TIMOR LESTE

Bali, 24 Juni 2019. Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) menyelenggarakan Training On Records And Archives Management for Timor Leste. Acara training dilaksanakan dalam rangka mengimplementasikan program pengembangan kapasitas sumber daya manusia bagi warga Timor Leste di bidang Kearsipan dalam kerangka kerjasama bilateral antara Arsip Nasional RI dan Pemerintah Timor Leste. Acara Training dibuka oleh Kepala ANRI, Mustari Irawan di Kuta, Bali.

Training On Records…

WORKSHOP AGEN PERUBAHAN

ANRI selenggarakan Workshop Agen Perubahan (20/06). Workshop diselenggarakan dalam rangka meningkatkan implementasi Reformasi Birokrasi di lingkungan ANRI. Adapun peserta workshop terdiri dari para Agen Perubahan ANRI.

Pada kesempatan ini, Adelina Sirait, Chief Reporting Officer pada Central Transformation Office Kementerian Keuangan berbagi pengalaman mengenai Manajemen Perubahan di lingkungan Kementerian Keuangan.(is)

ENAM PULUH MENIT MEMBAHAS ARSIP: DEPUTI BIDANG IPK ANRI BERSAMA BUPATI CILACAP

Cilacap (19/06/2019). Deputi Bidang Informasi dan Pengembangan Sistem Kearsipan (IPK), yang dalam hal ini mewakili Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), melakukan audiensi dengan Bupati Kabupaten Cilacap dalam rangka pelaksanaan kegiatan pemantauan dan evaluasi penyelenggaraan SIKN dan JIKN. Dalam audiensi ini, selain merupakan bentuk silaturahim antarlembaga, kedua pejabat ini membahas berbagai hal berkaitan dengan kearsipan.

Kunjungan kerja diterima oleh Bupati…