Jaringan Informasi Kearsipan Nasional

JIKN yang merupakan sistem jaringan informasi dan sarana pelayanan informasi arsip dinamis dan statis secara nasional memiliki tujuan mewujudkan layanan arsip dinamis dan statis sebagai memori kolektif Bangsa Indonesia secara lengkap, cepat, tepat, mudah dan murah. Untuk menyajikan transparansi dan akuntabilitas pemerintahan kepada publik.

JIKN juga memiliki peran penting dalam konteks negara kesatuan, yakni sebagai sarana bantu penyatuan riwayat dokumenter yang terpisah-pisah atau terpecah-pecah (fragmented documentary history) di antara para penyelenggara kearsipan seluruh Indonesia. Negara Kesatuan Republik Indonesia yang memiliki banyak propinsi dan kabupaten/kota, menghadapi tantangan, yaitu banyak arsip yang merekam saat ini dan sejarah masa lampau mengenai suatu subjek tertentu, tetapi mungkin disimpan oleh penyelenggara kearsipan yang tersebar lintas yurisdiksi dan geografi sebagai akibat dari perubahan-perubahan dan pergeseran-pergeseran pemerintahan. Karena sulit untuk menyatukan bahan-bahan tersebut secara fisik, mengingat tersebar lintas yurisdiksi dan geografi yang berbeda, maka JIKN yang berbasis teknologi menawarkan suatu solusi dalam rangka menciptakan memori virtual secara nasional.

Secara umum, arsip yang telah diproses digitalisasi dapat dimasukkan ke dalam aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Nasional (SIKN) dan kemudian diakses oleh publik secara online melalui website JIKN. Saat ini, sudah tersedia informasi arsip dinamis dan statis, yang dapat diakses publik, berasal dari 13 simpul jaringan.

Pengelolaan website JIKN dilaksanakan dalam rangka mengelola, memelihara, dan memperbarui konten, transaksi online, serta administrasi website. Diharapkan, dengan pengelolaan website JIKN secara teratur, pengguna dapat memahami konten yang disampaikan. Selain itu, website JIKN dapat menjadi salah satu website penunjang untuk pelaksanaan tugas dan fungsi di lingkungan kerja serta pengembangan ilmu pengetahuan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Informasi lebih lanjut dapat di lihat pada link ini

RECENT POSTS

ANRI SERAHKAN APLIKASI SIKD KE PROVINSI GORONTALO

Salam ARSIP!

Deputi Bidang Pembinaan Kearsipan ANRI, Andi Kasman menyerahkan aplikasi e-Arsip dengan Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD) kepada Pemerintah Provinsi Gorontalo, yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Prov. Gorontalo, Darda Daraba,  bertempat di Ballroom Hotel Maqna. Penyerahan aplikasi SIKD tersebut didampingi oleh Kadis Kearsipan dan Perpustakaan Prov. Gorontalo Yosef Koton, Kasubdit Pusat III Sulistyowati, Arsiparis Madya Rudi Andri Syahputra,…

KEPALA ANRI LANTIK PEJABAT PIMPINAN TINGGI PRATAMA DAN FUNGSIONAL PRANATA KOMPUTER

Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Mustari Irawan melantik Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dan Fungsional Pranata Komputer di lingkungan ANRI. 

Adapun pejabat yang dilantik diantaranya Kepala Subdirektorat Akuisisi Arsip II, Drs.Hilman Rosmana, M.Hum, diangkat dalam jabatan Direktur Kearsipan Daerah I. Berikutnya, Kepala Bidang Akreditasi Daerah Wawan, S.IP, M.AP diangkat dalam jabatan Direktur Kearsipan Daerah II dan Sarip Hidayat, S.Kom,M.Si diangkat…

ANRI Menerima Visitasi Peserta Diklat dari Kemenkum dan HAM dan Peserta Diklat Kemenhan

Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kearsipan ANRI , Listianingtyas Murgiwati di damping oleh Kepala Bagian Humas dan TU Pimpinan Gurandhyka, menerima secara langsung Visitasi Peserta Diklat Pengangkatan Arsiparis Tingkat Terampil Kementrian Hukum dan HAM RI yang di pimpin oleh Kepala Pusat Pengembangan Pendidikan dan pelatihan Fungsional dan HAM Pocut Eliza, dan peserta Diklat Teknis Administrasi…