Jaringan Informasi Kearsipan Nasional

JIKN yang merupakan sistem jaringan informasi dan sarana pelayanan informasi arsip dinamis dan statis secara nasional memiliki tujuan mewujudkan layanan arsip dinamis dan statis sebagai memori kolektif Bangsa Indonesia secara lengkap, cepat, tepat, mudah dan murah. Untuk menyajikan transparansi dan akuntabilitas pemerintahan kepada publik.

JIKN juga memiliki peran penting dalam konteks negara kesatuan, yakni sebagai sarana bantu penyatuan riwayat dokumenter yang terpisah-pisah atau terpecah-pecah (fragmented documentary history) di antara para penyelenggara kearsipan seluruh Indonesia. Negara Kesatuan Republik Indonesia yang memiliki banyak propinsi dan kabupaten/kota, menghadapi tantangan, yaitu banyak arsip yang merekam saat ini dan sejarah masa lampau mengenai suatu subjek tertentu, tetapi mungkin disimpan oleh penyelenggara kearsipan yang tersebar lintas yurisdiksi dan geografi sebagai akibat dari perubahan-perubahan dan pergeseran-pergeseran pemerintahan. Karena sulit untuk menyatukan bahan-bahan tersebut secara fisik, mengingat tersebar lintas yurisdiksi dan geografi yang berbeda, maka JIKN yang berbasis teknologi menawarkan suatu solusi dalam rangka menciptakan memori virtual secara nasional.

Secara umum, arsip yang telah diproses digitalisasi dapat dimasukkan ke dalam aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Nasional (SIKN) dan kemudian diakses oleh publik secara online melalui website JIKN. Saat ini, sudah tersedia informasi arsip dinamis dan statis, yang dapat diakses publik, berasal dari 13 simpul jaringan.

Pengelolaan website JIKN dilaksanakan dalam rangka mengelola, memelihara, dan memperbarui konten, transaksi online, serta administrasi website. Diharapkan, dengan pengelolaan website JIKN secara teratur, pengguna dapat memahami konten yang disampaikan. Selain itu, website JIKN dapat menjadi salah satu website penunjang untuk pelaksanaan tugas dan fungsi di lingkungan kerja serta pengembangan ilmu pengetahuan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Informasi lebih lanjut dapat di lihat pada link ini 

PERSYARATAN MENJADI SIMPUL JARINGAN

Persyaratan administratif, meliputi:

a.    menyerahkan surat komitmen untuk menjadi simpul jaringan JIKN yang ditandatangani oleh paling rendah pejabat setingkat Eselon II

b.    mengisi formulir kelengkapan data kepada ANRI sesuai dengan format yang telah ditetapkan; dan

c.    menerima surat persetujuan dari ANRI yang ditandatangani oleh deputi yang membidangi penyelenggaraan SIKN dan JIKN.

Persyaratan teknis, meliputi:

a.    memiliki informasi kearsipan yang bersifat terbuka untuk diakses publik melalui Portal JIKN publik, ataupun informasi kearsipan lainnya yang bersifat terbuka untuk diakses secara terbatas oleh pengguna di lingkungan pemerintah melalui Portal JIKN Intra-Pemerintah;

b.    memiliki sumber daya manusia untuk memuat informasi kearsipan ke dalam sistem; dan

c.    memiliki sumber daya teknologi informasi dan komunikasi yang mendukung integrasi informasi kearsipan dikelolanya dengan Portal JIKN.

KONTAK
Pusat Sistem dan Jaringan Informasi Kearsipan
Arsip Nasional Republik Indonesia
Jl. Ampera Raya No.7, Jakarta 12560
Telp. 021-7805851 Ext. 128, 129, 133, 244, 118
Faks. 021-7810282 
Helpdesk. 021-7802043 
Email. support@sikn.go.id

RECENT POSTS

DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN KABUPATEN BADUNG RAIH AKREDITASI " A" PENYELENGGARAAN KEARSIPAN

Jakarta (15/10) - Berdasarkan hasil penilaian verifikasi lapangan dan pengujian yang dilakukan oleh Tim Asesor Akreditasi Kearsipan Pusat Akreditasi Kearsipan ANRI, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Badung memperoleh akreditasi kearsipan lembaga kearsipan daerah dengan Kualifikasi A (Sangat Baik).

Hasil akreditasi tersebut dikeluarkan pada sidang pleno Majelis Pertimbangab Akreditasi Kearsipan yang dipimpin langsung oleh Kepala Pusat Akreditasi Kearsipan,…

WUJUDKAN TATA KELOLA ARSIP PERGURUAN TINGGI LEBIH BAIK, KEMENRISTEKDIKTI CANANGKAN GNSTA

Jakarta (14/10) - Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) canangkan Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip (GNSTA). Acara pencanangan GNSTA dilaksanakan di Kantor Kemenristekdikti, Senayan, Jakarta, Senin, 14 Oktober 2019. Acara pencanangan dihadiri oleh para pejabat pimpinan tinggi madya dan pratama di lingkungan Kementerian Ristekdikti. Hal ini menggambarkan keseriusan instansi dalam mengelola kearsipan sebagaimana yang diwajibkan oleh Undang–Undang Nomor 43…

KOMITMEN TERHADAP PENGELOLAAN ARSIP, KEJAKSAAN AGUNG RI CANANGKAN GNSTA

Jakarta (14/10) - Kejaksaan Agung RI canangkan Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip (GNSTA). Acara pencanangan GNSTA dilaksanakan di Kantor Kejaksaan Agung RI, Jakarta, Senin, 14 Oktober 2019. Acara pencanangan dihadiri oleh para pejabat pimpinan tinggi madya dan pratama di lingkungan Kejaksaan Agung RI. Hal ini menggambarkan keseriusan instansi dalam mengelola kearsipan sebagaimana yang diwajibkan oleh Undang–Undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan. “Seperti kita ketahui bahwa GNSTA…

KADO DUA DASAWARSA UNTUK SIAK KOTA ISTANA

Menyambut usia yang Ke-20 Tahun Kabupaten Siak, Plt. Kepala Arsip Nasional RI (ANRI), Dr. M. Taufik, M.Si menyerahkan buku Citra Daerah berjudul “Citra Kabupaten Siak Dalam Arsip” kepada Gubernur Riau, Drs. H. Syamsuar, M.Si, Bupati Siak, Drs. H. Alfredri, M.Si, dan Ketua DPRD Kabupaten Siak, H. Azmi, S.E. dalam rangkaian kegiatan Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Sempena Hari Jadi Kabupaten Siak Ke-20 di Ruang Sidang DPRD, Siak (12/10).

Serah terima…