Ridwan Kamil Terima Undangan sebagai Pembicara Seminar Internasional Arsip Tsunami Sebagai MoW di Aceh

09 Oktober 2019

Bandung. (9/10)- 15 tahun berlalu sejak bencana tsunami melanda Asia, dan Aceh menjadi wilayah Indonesia yang terkena dampak paling mematikan. Dalam jangka waktu tersebut, telah banyak yang telah dilakukan oleh berbagai sektor: rekonstruksi, rehabilitasi, komemorasi, yang memulihkan Aceh baik dalam aspek fisik maupun nonfisik. Meskipun demikian, bencana besar 26 Desember 2004 lalu itu masih mengguratkan duka mendalam bagi korban yang selamat.

 

Sebagai bangsa yang sadar akan pentingnya memori kolektif bangsa, Indonesia melalui Lembaga Kearsipan Nasional ANRI menominasikan Arsip rehabilitasi dan rekonstruksi pasca tsunami di Aceh sebagai Memory of the World (MoW) ke UNESCO. Pada tahun 2017 UNESCO telah menetapkan Arsip tsunami aceh sebagai Memory of The World (MoW).

 

Terkait dengan hal tersebut, Plt.Kepala ANRI M.Taufik menyampaikan undangan secara khusus kepada Ridwan Kamil selaku Gubernur Jabar sekaligus praktisi sebagai keynote speech pada seminar yang akan dilaksanakan ANRI. Dimana beliau memiliki peranan langsung dalam pembangunam museum Tsunami Aceh.

 

Seminar bertujuan untuk refleksi dan evaluasi atas bencana tsunami dan kegiatan rehabilitasi dan rekonstruksi, serta masuknya arsipnya menjadi Memory of the World.  Juga membangun kesadaran masyarakat atas pentingnya arsip penyelamatan dan pemulihan dalam perencaan mitigasi bencana di masa depan.(IT)

RECENT POSTS

DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN KABUPATEN BADUNG RAIH AKREDITASI " A" PENYELENGGARAAN KEARSIPAN

Jakarta (15/10) - Berdasarkan hasil penilaian verifikasi lapangan dan pengujian yang dilakukan oleh Tim Asesor Akreditasi Kearsipan Pusat Akreditasi Kearsipan ANRI, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Badung memperoleh akreditasi kearsipan lembaga kearsipan daerah dengan Kualifikasi A (Sangat Baik).

Hasil akreditasi tersebut dikeluarkan pada sidang pleno Majelis Pertimbangab Akreditasi Kearsipan yang dipimpin langsung oleh Kepala Pusat Akreditasi Kearsipan,…

WUJUDKAN TATA KELOLA ARSIP PERGURUAN TINGGI LEBIH BAIK, KEMENRISTEKDIKTI CANANGKAN GNSTA

Jakarta (14/10) - Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) canangkan Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip (GNSTA). Acara pencanangan GNSTA dilaksanakan di Kantor Kemenristekdikti, Senayan, Jakarta, Senin, 14 Oktober 2019. Acara pencanangan dihadiri oleh para pejabat pimpinan tinggi madya dan pratama di lingkungan Kementerian Ristekdikti. Hal ini menggambarkan keseriusan instansi dalam mengelola kearsipan sebagaimana yang diwajibkan oleh Undang–Undang Nomor 43…

KOMITMEN TERHADAP PENGELOLAAN ARSIP, KEJAKSAAN AGUNG RI CANANGKAN GNSTA

Jakarta (14/10) - Kejaksaan Agung RI canangkan Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip (GNSTA). Acara pencanangan GNSTA dilaksanakan di Kantor Kejaksaan Agung RI, Jakarta, Senin, 14 Oktober 2019. Acara pencanangan dihadiri oleh para pejabat pimpinan tinggi madya dan pratama di lingkungan Kejaksaan Agung RI. Hal ini menggambarkan keseriusan instansi dalam mengelola kearsipan sebagaimana yang diwajibkan oleh Undang–Undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan. “Seperti kita ketahui bahwa GNSTA…

KADO DUA DASAWARSA UNTUK SIAK KOTA ISTANA

Menyambut usia yang Ke-20 Tahun Kabupaten Siak, Plt. Kepala Arsip Nasional RI (ANRI), Dr. M. Taufik, M.Si menyerahkan buku Citra Daerah berjudul “Citra Kabupaten Siak Dalam Arsip” kepada Gubernur Riau, Drs. H. Syamsuar, M.Si, Bupati Siak, Drs. H. Alfredri, M.Si, dan Ketua DPRD Kabupaten Siak, H. Azmi, S.E. dalam rangkaian kegiatan Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Sempena Hari Jadi Kabupaten Siak Ke-20 di Ruang Sidang DPRD, Siak (12/10).

Serah terima…