ANRI Melaksanakan Training on Records and Archives Management For Palestine: Archival Recovery Plan Posts Disaster.

08 Oktober 2019

Sekretaris Utama ANRI, Sumrahyadi membuka acara Program Training on Records and Archives Management For Palestine: Archival Recovery Plan Posts Disaster.


Acara pembukaan dihadiri oleh  Counselor of the Palestine Embassy, Dr. Zuhair S.M Alshun (Taher Hamad) dan Kepala Biro Perencanaan dan Humas M. Imam Mulyantono serta Kepala Pusdiklat Kearsipan ANRI Listayningtyas M.

 

Dalam sambutannya Sumrahyadi menyampaikan bahwa bencana akan menyebabkan kerugian besar. Tidak hanya untuk material yang hilang tetapi juga inmaterial. Sedangkan untuk lembaga pemerintah, bencana akan sangat mempengaruhi kelangsungan organisasi, karena arsip  yang merupakan sumber informasi pemerintah, telah menjadi bagian pelayanan kepada masyarakat.

 

Lebih lanjut Sumrahyadi mengatakan bahwa Arsip adalah sumber layanan informasi bagi masyarakat. Oleh karena itu, untuk rencana recovery arsip setelah bencana adalah suatu keharusan. Ini adalah salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas layanan untuk publik dan masyarakat.

 

Sekretaris Utama ANRI menyampaikan tujuan dilaksanakan program Training on Records and Archives Management For Palestine adalah Pertama; pelatihan ini bertujuan untuk berbagi pengetahuan  tentang Manajemen arsip terutama pasca bencana dan rencana pemulihan arsip. Kedua; Pelatihan ini untuk menunjukkan simpati dan dukungan Indonesia bagi kebebasan Palestina, dan terakhir, ada harapan membangun kesadaran bahwa catatan dan arsip adalah tulang punggung administrasi negara, sehingga dibutuhkan kompetensi dan kapasitas sumber daya manusia untuk mengelola arsip.


Pelatihan ini adalah salah satu program prioritas nasional ANRI dan sebagai bagian dari South-South cooperation Program Asia dan Afrika. Program ini bertujuan untuk berbagi pengetahuan dan praktik  manajemen arsip. Program ini telah dilakukan sejak 2009 hingga 2019 dan menjadi perhatian Indonesia untuk mendukung perjuangan kemerdekaan Palestina. 


Training Course di laksanakan di Hotel Santika Bogor pada tanggal  8 sampai dengan 12 Oktober 2019 dan diikuti oleh 28 peserta dari Palestina.(lnh)

 

 

RECENT POSTS

DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN KABUPATEN BADUNG RAIH AKREDITASI " A" PENYELENGGARAAN KEARSIPAN

Jakarta (15/10) - Berdasarkan hasil penilaian verifikasi lapangan dan pengujian yang dilakukan oleh Tim Asesor Akreditasi Kearsipan Pusat Akreditasi Kearsipan ANRI, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Badung memperoleh akreditasi kearsipan lembaga kearsipan daerah dengan Kualifikasi A (Sangat Baik).

Hasil akreditasi tersebut dikeluarkan pada sidang pleno Majelis Pertimbangab Akreditasi Kearsipan yang dipimpin langsung oleh Kepala Pusat Akreditasi Kearsipan,…

WUJUDKAN TATA KELOLA ARSIP PERGURUAN TINGGI LEBIH BAIK, KEMENRISTEKDIKTI CANANGKAN GNSTA

Jakarta (14/10) - Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) canangkan Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip (GNSTA). Acara pencanangan GNSTA dilaksanakan di Kantor Kemenristekdikti, Senayan, Jakarta, Senin, 14 Oktober 2019. Acara pencanangan dihadiri oleh para pejabat pimpinan tinggi madya dan pratama di lingkungan Kementerian Ristekdikti. Hal ini menggambarkan keseriusan instansi dalam mengelola kearsipan sebagaimana yang diwajibkan oleh Undang–Undang Nomor 43…

KOMITMEN TERHADAP PENGELOLAAN ARSIP, KEJAKSAAN AGUNG RI CANANGKAN GNSTA

Jakarta (14/10) - Kejaksaan Agung RI canangkan Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip (GNSTA). Acara pencanangan GNSTA dilaksanakan di Kantor Kejaksaan Agung RI, Jakarta, Senin, 14 Oktober 2019. Acara pencanangan dihadiri oleh para pejabat pimpinan tinggi madya dan pratama di lingkungan Kejaksaan Agung RI. Hal ini menggambarkan keseriusan instansi dalam mengelola kearsipan sebagaimana yang diwajibkan oleh Undang–Undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan. “Seperti kita ketahui bahwa GNSTA…

KADO DUA DASAWARSA UNTUK SIAK KOTA ISTANA

Menyambut usia yang Ke-20 Tahun Kabupaten Siak, Plt. Kepala Arsip Nasional RI (ANRI), Dr. M. Taufik, M.Si menyerahkan buku Citra Daerah berjudul “Citra Kabupaten Siak Dalam Arsip” kepada Gubernur Riau, Drs. H. Syamsuar, M.Si, Bupati Siak, Drs. H. Alfredri, M.Si, dan Ketua DPRD Kabupaten Siak, H. Azmi, S.E. dalam rangkaian kegiatan Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Sempena Hari Jadi Kabupaten Siak Ke-20 di Ruang Sidang DPRD, Siak (12/10).

Serah terima…