Arsip Naskah Proklamasi mendapat Sertifikat Benda Cagar Budaya Nasional

03 September 2019

Arsip Naskah Proklamasi Kemerdekaan Bangsa Indonesia Tulisan Tangan Soekarno mendapatkan sertifikat yang ditandatangani oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Prof. Dr. Muhadjir Effendy sebagai Benda Cagar Budaya Nasional.

Sertifikat diterima oleh Direktur Layanan dan Pemanfaatan Arsip Nasional Republik Indonesia, Agus Santoso pada acara Kampanye Pelestarian Cagar Budaya di Universitas Airlangga, Surabaya, 3 September 2019.

Kampanye Pelestarian Cagar Budaya merupakan kegiatan publikasi dalam rangka meningkatkan kesadaran terhadap pelestarian cagar budaya di Indonesia.

Pelestarian cagar budaya diawali dengan proses pendaftaran, penetapan cagar budaya dan dilanjutkan dengan upaya perlindungan, pengembangan, dan pemanfaatannya. Pendaftaran dan penetapan cagar budaya dilakukan oleh tiap-tiap masyarakat di daerah melalui dinas-dinas yang membidangi kebudayaan di Indonesia.

Kegiatan kampanye pelestarian cagar budaya diantaranya meliputi talkshow yang mengedepankan pelestarian, pengembangan dan pemanfaatan cagar budaya di Kota Surabaya, pameran, mural terakota, booth pendaftaran dan pojok Cagar Budaya, bedah buku tentang Cagar Budaya, pementasan musik, tari dan ludruk.

Dalam acara tersebut, juga dilakukan pemberian sertifikat Cagar Budaya yang telah memiliki peringkat Nasional oleh Tim Ahli Cagar Budaya Nasional.

Melalui kegiatan kampanye ini, diharapkan dapat tersosialisasikan registrasi nasional cagar budaya dan kebijakan pelestarian cagar budaya. Harapannya dapat memberikan efek positif demi terciptanya pengawasan pergerakan dan pelestarian cagar budaya serta meningkatnya kesadaran masyarakat akan arti penting pelestarian.(is)