PAMERAN ARSIP NUSANTARA : “MERAJUT KEBERAGAMAN MENUJU INDONESIA MAJU”

22 Agustus 2019

Bangsa Indonesia terbentuk dari beragam suku bangsa, agama, dan bahasa yang tersebar di seluruh wilayah nusantara. Dinamika interaksi antar kebudayaan, dan pertemuan dengan kebudayaan luar menambah ragam jenis kebudayaan yang tetap memiliki karakter keindonesiaan.


Keberagaman budaya di Indonesia adalah sesuatu yang tidak dapat dipungkiri keberadaannya. Ia merupakan satu kekuatan yang dilahirkan melalui  jalinan sejarah yang panjang. Keberagaman yang dirajut inilah kemudian mampu mendorong komitmen untuk bersatu menjadi negara maju. Indonesia maju.


Memaknai HUT ke-74 Republik Indonesia, rekam jejak keberagaman budaya dalam arsip ditampilkan dalam “Pameran Arsip Nusantara : Merajut Keberagaman Menuju Indonesia Maju”.


Perhelatan ini merupakan kerja bersama Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) dengan Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) dan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Balai Panjang, Museum Indonesia, TMII, 24 s.d 31 Agustus 2019.


Gambaran Tujuh Unsur Kebudayaan Universal menurut Koentjaraningrat  yaitu Bahasa, Sistem Pengetahuan, Sistem Peralatan Hidup dan Teknologi, Sistem Mata Pencaharian Hidup, Kesenian,  Sistem Religi, dan Sistem Kemasyarakatan atau Organisasi Sosial  ditampilkan dalam pameran ini.


Selain itu pencapaian puncak kebudayaan sebagai warisan budaya tak benda dan ingatan dunia - UNESCO pun turut ditampilkan dalam pameran ini. Diharapkan pengunjung dapat terinspirasi untuk memaknai keberagaman sebagai  kekuatan untuk membangun Indonesia menjadi negara maju mampu bersaing dengan bangsa lain.