MERIAHKAN HUT RI KE-74, ANRI GELAR PEMILIHAN ARSIPARIS TELADAN NASIONAL TAHUN 2019

17 Agustus 2019

           Jakarta, 17 Agustus 2019 - Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) melalui Direktorat Sumber Daya Manusia dan Sertifikasi Kearsipan selenggarakan Pemilihan Arsiparis Teladan Nasional Tahun 2019. Rangkaian acara berlangsung sejak tanggal 15-18 Agustus 2019 dan dibuka langsung oleh Plt. Kepala ANRI, M. Taufik.

       Acara Pemilihan Arsiparis Teladan Nasional bertujuan untuk membangun Sumber Daya Manusia (SDM) kearsipan yang profesional, unggul dan berkompeten. Kegiatan ini digelar bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Ke-74 Republik Indonesia dengan tema SDM Unggul Indonesia Maju.

            Plt. Kepala ANRI menyampaikan bahwa di era revolusi industri 4.0, arsiparis memiliki tantangan dalam pengelolaan arsip berbasis TIK. Arsiparis dituntut untuk meningkatkan kompetensi dan profesional. Lebih lanjut, M.Taufik menambahkan bahwa semua peserta yang mengikuti kegiatan ini merupakan arsiparis teladan terbaik yang dapat menjadi agen perubahan. "Saya berharap bahwa arsiparis teladan ini menjadi agen perubahan", ungkapnya.

            M.Taufik juga mengapresiasi kepada para pemenang yang telah menjadi juara. "Selamat kepada para teladan nasional yang sudah terpilih", pujinya dalam sambutan.

            Pemilihan Arsiparis Teladan Nasional Tahun 2019 dilakukan melalui proses seleksi pada babak penyisihan tanggal 15 Agustus 2019 dan babak final pada tanggal 17 Agustus 2019 yang dikuti oleh 21 (dua puluh satu) Arsiparis Kategori Keterampilan dan 28 (dua puluh delapan) Arsiparis Kategori Keahlian.

            Pada babak penyisihan telah dilakukan penilaian aspek portofolio, kognitif, dan prilaku kerja, meliputi penilaian portofolio, ujian tertulis, penilaian laporan pelaksanaan pekerjaan kearsipan bagi Arsiparis Kategori Keterampilan dan penilain makalah bagi Arsiparis Kategori Keahlian, penilaian video, presentasi dan wawancara serta Focus Group Discussion (FGD).

            Melalui Sidang Pleno Dewan Juri, telah ditetapkan 10 (sepuluh) Arsiparis terbaik sesuai perolehan nilai tertinggi dan selanjutnya ditetapkan 6 (enam) finalis dari masing masing kategori (keterampilan dan keahlian).

            Selanjutnya pada babak final telah dilakukan penilaian terhadap finalis melalui presentasi dan wawancara laporan pelaksanaan pekerjaan kearsipan bagi Arsiparis Kategori Keterampilan dan penilaian presentasi makalah bagi Arsiparis Kategori Keahlian oleh Dewan Juri berdasarkan kriteria penilaian sebagaimana diatur dalam Keputusan Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia Nomor 284 Tahun 2019 tentang Pedoman Pemilihan Arsiparis Teladan Nasional.

            Sementara itu Deputi Bidang Pembinaan Kearsipan, Andi Kasman menjelaskan rangkaian proses Pemilihan Arsiparis Teladan Nasional Tahun 2019.

          "Pemilihan Arsiparis Teladan Nasional Tahun 2019 dilakukan melalui proses seleksi pada babak penyisihan tanggal 15 Agustus 2019 dan babak final pada tanggal 17 Agustus 2019 yang dikuti oleh 21 (dua puluh satu) Arsiparis Kategori Keterampilan dan 28 (dua puluh delapan) Arsiparis Kategori Keahlian", jelasnya.

            Andi Kasman menambahkan bahwa pada babak penyisihan telah dilakukan penilaian aspek portofolio, kognitif, dan prilaku kerja, meliputi penilaian portofolio, ujian tertulis, penilaian laporan pelaksanaan pekerjaan kearsipan bagi Arsiparis Kategori Keterampilan dan penilain makalah bagi Arsiparis Kategori Keahlian, penilaian video, presentasi dan wawancara serta Focus Group Discussion (FGD).

        "Maka melalui Sidang Pleno Dewan Juri, telah ditetapkan 10 (sepuluh) Arsiparis terbaik sesuai perolehan nilai tertinggi dan selanjutnya ditetapkan 6 (enam) finalis dari masing masing kategori (keterampilan dan keahlian)", terangnya.

            Selanjutnya pada babak final telah dilakukan penilaian terhadap finalis melalui presentasi dan wawancara laporan pelaksanaan pekerjaan kearsipan bagi Arsiparis Kategori Keterampilan dan penilaian presentasi makalah bagi Arsiparis Kategori Keahlian oleh Dewan Juri berdasarkan kriteria penilaian sebagaimana diatur dalam Keputusan Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia Nomor 284 Tahun 2019 tentang Pedoman Pemilihan Arsiparis Teladan Nasional.

            Berikut adalah pemenang Arsiparis Teladan Nasional Tahun 2019 Tingkat Terampil : Juara I, Evriyani dari Kementerian Kesehatan, Juara II Wise Wineka berasal Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Juara III, Alfu Mahar Syarofi, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

            Sedangkan untuk Arsiparis Kategori Keahlian : Juara I, Herman Setyawan dari kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Juara II diraih oleh Eko Wahyudi, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, dan Juara III diperoleh Ferry Tri Mudah Riyadi, Pemerintah Provinsi Jawa Timur. (is)