Pameran Arsip di Kementerian Kesehatan

13 Agustus 2019

Sekretaris Utama ANRI Sumrahyadi mewakili Kepala ANRI menjadi pembicara dalam Pameran Arsip Kementerian Kesehatan RI.  Pameran Arsip yang bertema Inovasi Unggulan Pelayanan Kesehatan dalam Arsip dibuka oleh Menteri Kesehatan Nila Moeloek berlangsung di loby gedung  Prof. Dr. Sujudi Kementerian Kesehatan RI. Jakarta (13/8).


Sumrahyadi dalam sambutannya mengatakan bahwa Layanan Kesehatan yang dilakukan Kementerian Kesehatan dari awal sampai sekarang tentunya mempunyai nilai historis yang penting yang bisa dipelajari masyarakat dan generasi yang akan datang.


Sumrahyadi juga memaparkan bahwa hasil Pengawasan Kearsipan Tahun 2016, Kementerian Kesehatan mendapatkan kategori “Cukup” dengan nilai 67,25 dan menduduki peringkat X dari seluruh kementerian. Tahun 2018 menjadi puncak prestasi Kementerian Kesehatan di bidang kearsipan yaitu hasil Pengawasan Kearsipan oleh ANRI, Kementerian Kesehatan mendapatkan peringkat I kategori “Sangat Baik” dengan nilai 97,86.


Untuk mengatasi berbagai problem kesehatan, menurut Menteri Kesehatan Nila Moeloek, kita perlu belajar dari rekam jejak pembangunan kesehatan masa lalu yang tersimpan dalam bentuk arsip. Langkah apa saja yang sudah dilakukan oleh pemerintah untuk menangani berbagai problem kesehatan tersebut, bagaimana perkembangan selanjutnya dan catatan apa yang perlu dipelajari untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal.


“Disinilah kita membutuhkan arsip, terutama arsip pembangunan kesehatan. Melalui arsip kita bisa belajar untuk memutuskan sebuah kebijakan,” kata Menkes.


Terkait pameran arsip, menurut Menkes, arsip baik dalam bentuk foto, rekaman video atau dalam bentuk lain tidak hanya sebagai catatan historis, tetapi juga digunakan sebagai informasi dalam pengambilan keputusan yang bersifat tehnis dan strategis didalam penyelenggaraan administrasi pemerintahan, untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih, efektif, transparan dan akuntabel serta pelayanan public yang berkualitas.


“Saya berharap pameran arsip ini dapat juga dimanfaatkan untuk mensosialisasikan pelayanan kesehatan yang ada di rumah sakit vertical kemenkes,” tandas Menkes.


Pameran arsip kesehatan yang digelar dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke-74  itu sendiri akan berlangsung 13-15 Agustus 2019.(lnh)