ENAM PULUH MENIT MEMBAHAS ARSIP: DEPUTI BIDANG IPK ANRI BERSAMA BUPATI CILACAP

19 Juni 2019

Cilacap (19/06/2019). Deputi Bidang Informasi dan Pengembangan Sistem Kearsipan (IPK), yang dalam hal ini mewakili Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), melakukan audiensi dengan Bupati Kabupaten Cilacap dalam rangka pelaksanaan kegiatan pemantauan dan evaluasi penyelenggaraan SIKN dan JIKN. Dalam audiensi ini, selain merupakan bentuk silaturahim antarlembaga, kedua pejabat ini membahas berbagai hal berkaitan dengan kearsipan.

Kunjungan kerja diterima oleh Bupati Cilacap H. Tatto Suwarto Pamuji di Ruang Gadri Pendopo Wijaya Kusuma Sakti Kabupaten Cilacap, yang didampingi oleh Asisten Administrasi dan Umum Sekda Drs. Indro Cahyono, MM, Kepala Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Cilacap Taryo, S.Sos,M.Si, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi/Kominfo Kabupaten Cilacap Drs. M. Wijaya, MM, serta Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Cilacap Supriyanto, S.H., M.Si beserta jajarannya.

Deputi Bidang IPK Drs. Imam Gunarto, M.Hum, didampingi oleh tim dari ANRI, menyampaikan amanat Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang SPBE kepada ANRI untuk membangun aplikasi bagi pakai arsip. Diharapkan, implementasi komunikasi kedinasan di lingkungan instansi pemerintah sudah dapat dilakukan secara digital di akhir tahun 2020, sehingga efisiensi terjadi serta membantu pemerintah dalam mensukseskan one data nasional dan agar bisa diintegrasikan dengan aplikasi bisnis lain untuk kepentingan pembangunan. Oleh karena itu, dukungan dari Bupati Kabupaten Cilacap terkait pengelolaan arsip sangat diperlukan.

Bupati Cilacap sangat mengapresiasi sekali kegiatan di bidang kearsipan. Hal ini sejalan dengan program di wilayah Kabupaten Cilacap dalam menyikapi literasi yang terjadi. Menurut beliau, literasi itu untuk membuka wawasan dunia, yang harus digalakkan dari minat baca menjadi budaya membaca. Beliau pun menjelaskan jika sedang mempersiapkan masa depan anak-anak, karena sebetulnya masa depan itu ada di tangan anak-anak generasi sekarang, sehingga mereka akan menciptakan masa depan yang penuh talenta. Beliau mengumpamakan seperti mempersiapkan benih yang ingin ditanam, maka harus disiapkan dengan sebaik-baiknya. Jangan sampai generasi kita ke depan tidak tahu siapa pendiri negeri ini, pahlawan yang ada dari sini, gubernur atau bahkan bupati mereka sendiri. Sungguh ironis jika itu terjadi.

Beliau juga sangat mengapresiasi prestasi dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Cilacap yang mendapat gelar juara dua nasional bidang kearsipan. Lembaga kearsipan daerah (LKD) ini diminta untuk terus memberikan pelayanan terkait arsip kepada masyarakat. Terutama, karena LKD ini sudah bergabung menjadi simpul jaringan, maka informasi kearsipan yang dimasukkan ke dalam aplikasi SIKN untuk disajikan ke masyarakat melalui portal JIKN harus ditingkatkan terus-menerus. Portal cilacapkab.sikn.go.id harus terus disosialisasikan ke berbagai sektor agar masyarakat Kabupaten Cilacap khususnya mudah dalam mencari khazanah arsip wilayahnya.