ANRI Selenggarakan Pameran Arsip dan Diskusi tentang Sukarno di Aljazair

18 Juni 2019

Aljir,  Juni 2019- Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) bekerjasama dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia di  Alger  dan Kementerian Kebudayaan Republik Demokrasi Rakyat Aljazair menyelenggarakan kegiatan Pameran Arsip dan Diskusi tentang Sukarno di Palais de la Culture “Moufdi Zakaria”, Aljazair. Pameran dan diskusi ini merupakan salah satu kegiatan dalam rangkaian acara Festival Sukarno yang dilaksanakan pada 15-23 Juni 2019.

Pameran Arsip Sukarno dibuka pada 15 Juni 2019 oleh Menteri Kebudayaan Republik Demokrasi Aljazair, Meriam Merdaci. Dalam sambutannya ia menyampaikan bahwa Sukarno adalah tokoh yang sangat penting dalam mendukung kemerdekaan Aljazair terutama saat penyelenggaraan Konferensi Asia-Afrika (KAA) di Bandung.  Hal senada juga disampaikan oleh Duta Besar Indonesia untuk Aljazair, Safira Machrusah yang menyampaikan bahwa Sukarno adalah tokoh besar bukan hanya sebagai Presiden Indonesia tetapi juga pemimpin dunia khususnya bangsa Asia-Afrika.  Sementara itu, Sekretris Utama ANRI, Sumrahyadi dalam sambutanya menyampaikan bahwa Festival Sukarno sejalan dengan usaha ANRI dalam mengangkat Sukarno Paper sebagai Memory of The World.

Pameran arsip ini menampilkan beberapa arsip baik arsip kertas, foto maupun video mulai dari masa kecil Sukarno hingga menjadi presiden. Terdapat pula arsip tentang kiprah politik di dunia internasional seperti KAA dan Gerakan Non Blok (GNB). Tentu saja yang paling utama adalah arsip tentang hubungan Indonesia-Aljazair khususnya dukungan-dukungan yang diberikan pemerintah Indonesia kepada Aljazair dalam usaha meraih kemerdekaan dari Perancis.

Pameran arsip Sukarno banyak dikunjungi oleh masyarakat Aljazair mulai dari pemerintah, tokoh masyarakat, genersi muda Aljazair dan para diplomat negara sahabat terutama dari negara-negara Asia-Afrika. Pameran ini juga secara khusus diliput oleh Televisi Nasional Aljazair.

Selain pameran arsip, diselenggarakan diskusi tentang Sukarno pada 16 Juni 2019 dengan pembicara Drs. Agus Santoso, M.Hum (Direktur Layanan dan Pemanfaatan ANRI) dan Prof. Dr. Fadhila Alawi dari Universitas Bouzeria Alger. Secara garis besar kedua pembicara menyampaikan peranan dan pemikiran Sukarno dalam perdamaian dunia serta dalam usaha mendukung kemerdekaan bangsa-bangsa Asia-Afrika.

Kegiatan delegasi ANRI dilanjutkan dengan pertemuan bersama Kepala Arsip Nasional Aljazair pada 17 Juni 2019. Pertemuan ini membahas perpanjangan kerjasama antara ANRI dengan Arsip Nasional Aljazair. Dalam kesempatan ini, Kepala Arsip Nasional Aljazair menyerahkan daftar dan scan arsip tentang Gerakan Non Blok I Tahun 1961 untuk mendukung pengajuan arsip GNB sebagai MoW. (WSP)

#FestivalSoekarnoAlger

#ArsipNasionalRI