ANRI Jajaki Pembangunan Depot Arsip di Provinsi Riau

11 Juni 2019

Pekanbaru (11/6/2019), Dalam rangka melaksanakan amanat UU Nomor 43 Tahun 2009 terutama tentang penyelamatan arsip bernilai guna pertanggung jawaban nasional, Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) berencana membangun Depot Arsip bernilai guna kelanjutan di tiap Provinsi se Indonesia.

ANRI melakukan penjajakan kerjasama dengan Pemerintah Provinsi Riau untuk penyiapan lahan depot arsip di wilayah Provinsi Riau. Dalam kesempatan ini Kepala ANRI beserta Jajaran di terima langsung oleh Gubernur dan Wakil Gubernur Riau beserta jajaran terkait. Pada kesempatan tersebut telah diperoleh kesepahaman dan visi yang sama terkait pentingnya pembangunan depot arsip statis di Riau sebagai salah satu upaya melestarikan memori kolektif bangsa salah satunya menyangkut kebudayaan melayu.

Gubernur Riau mengapresiasi dan menyambut baik rencana pembangunan Depot Arsip Statis di Provinsi Riau. Pemerintah Riau siap mendukung dan akan mempersiapakan lahan yang dibutuhkan untuk merealisasikan rencana dimaksud melalui proses hibah.

Mustari Irawan selaku Kepala ANRI menyampaikan terima kasih atas dukungan pemerintah Provinsi Riau dan berharap kerjasama ini dapat segera terealisasi dan ANRI menyambut baik terkait rencana Pemerintah Daerah Riau menjadikan Riau sebagai pusat studi kebudayaan melayu. Maju Arsipnya, Jaya Bangsanya!! (IT)