Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral menyerahkan arsip statis dan canangkan GNSTA

28 November 2018

Kepala ANRI Mustari Irawan, didampingi Sekretaris Utama ANRI Sumrahyadi dan Pejabat Tinggi Madya dan Pratama di lingkungan ANRI, menghadiri kegiatan Pencanangan Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip (GNSTA) di Lingkungan Kementerian ESDM. Bertempat di Kantor Sekretariat Jenderal Kementerian ESDM, Rabu (28/11), untuk pertama kalinya Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menggelar festival arsip.

Pada 1st Archive Festival, dilakukan pula penandatangan Komitmen Pencanangan Gerakan Sadar Tertib Arsip (GNSTA) oleh Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM, seluruh Sekretaris Direktorat Jenderal di Lingkungan Kementerian ESDM, Sekretaris BPH Migas, Kepala Biro Umum Sekretariat Jenderal Dewan Energi Nasional, Sekretaris SKK Migas, dan Kepala Biro Umum Sekretariat Jenderal Kementerian ESDM. Selain itu, dilakukan pula penyerahan 8 Arsip Terjaga Kontrak Karya dari Kementerian ESDM kepada Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), dan Inaugurasi Arsiparis Teladan Kementerian ESDM, serta Pameran Arsip.

Dalam sambutannya Kepala ANRI Mustari Irawan mengungkapkan, bahwa Kementerian ESDM merupakan lembaga negara pertama yang menyerahkan arsip statis yang termasuk kategori arsip terjaga, hal ini menunjukan kepedulian Kementerian ESDM dalam upaya berperan melestarikan arsip statis sebagai memori kolektif bangsa, dan serah terima arsip ini merupakan momentum yang sangat berharga karena mewariskan jejak sejarah bangsa Indonesia.

Mustari Irawan lebih lanjut menyatakan bahwa Arsip statis Kementerian ESDM yang diserahkan ke ANRI meliputi, arsip kontrak karya. Arsip tersebut merupakan memori yang sangat penting bagi kita dan generasi mendatang karena menggambarkan sejarah perjalanan bangsa khususnya di bidang ESDM.

“Pencanangan GNSTA ini merupakan langkah awal untuk memulai suatu gerakan yang rutin dan berkesinambungan, langkah berikutnya yang lebih konkrit dalam kegiatan kearsipan harus segera diwujudkan di lingkungan Kementerian ESDM RI. ANRI selaku lembaga pembina dibidang kearsipan nasional sangat memberikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi atas seluruh upaya yang telah dilakukan oleh Kementerian ESDM RI di bidang kearsipan,” ujar Mustari.

Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Ego Syahrial dalam sambutannya mengungkapkan, berbagai kegiatan dalam pelaksanaan tugas tersebut membutuhkan dukungan sumber daya yang memadai dan pelayanan administrasi yang terpadu termasuk penyelenggaraan kearsipan yang efektif dan efisien.

Ego pun mengajak para pejabat struktural dan pejabat fungsional Arsiparis untuk berkomitmen agar Kementerian ESDM tertib mematuhi kebijakan kearsipan, "Mari bersama berkomitmen untuk dapat mendorong Kementerian ESDM tertib dalam mematuhi kebijakan kearsipan, tertib dalam pemberdayaan kelembagaan kearsipan, tertib dalam pemanfaatan sarana dan prasarana kearsipan, tertib dalam penyediaan arsiparis yang didukung oleh kompetensi kearsipan dan tertib dalam pengelolaan arsip yang sistematis," tutur Ego.(lh)

RECENT POSTS

ANRI GELAR EKSPOSE KAJIAN GRAND DESIGN SISTEM KEARSIPAN NASIONAL

Kedeputian Bidang Informasi dan Pengembangan Sistem Kearsipan (IPK) Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) menyelenggarakan Ekspose Kajian Grand Desain Sistem Kearsipan Nasional. Acara Ekspose diselenggarakan di Hotel Santika, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta (12-14/12).

Acara ekspose bertujuan untuk memperoleh saran dan masukan dari para peserta ekspose yang berasal dari para pejabat, arsiparis dan perwakilan fungsional tertentu di lingkungan ANRI. 

Kepala…

ANRI Jalin Kerja Sama Kearsipan dengan Bekraf

Jakarta (10/12) - Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) menjalin kerja sama di bidang kearsipan dengan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) yang dituangkan dalam Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding).
Kepala ANRI, Mustari Irawan dan Kepala Bekraf, Triawan Munaf menandatangani MoU tersebut di Kantor Bekraf yang bertempat di Gedung Kementerian Badan Usaha Milik…