ANRI Menyerahkan Aplikasi SIKD Kepada Pemerintahan Provinsi Kalimantan Barat

11 Oktober 2018

Pontianak, Kalbar, 11/10/2018, Kepala ANRI Mustari Irawan memberikan sambutan sekaligus melaksanakan penyerahan Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD)  dalam rangka pelaksanaan E-Arsip di lingkungan Pemerintahan Provinsi Kalimantan Barat. Aplikasi SIKD diterima oleh Wakil Gubernur Kalimantan Barat, H. Ria Norsan.

Pada sambutannya, Mustari menyampaikan bahwa implementasi SIKD bertujuan untuk mengoptimalkan pengelolaan arsip dinamis berbasis teknologi informasi sebagai upaya penyelamatan arsip statis yang merupakan pertanggungjawaban nasional bagi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Selanjutnya diharapkan aplikasi SIKD dapat diterapkan di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat secara baik dan optimal, sehingga dapat membantu tata kelola arsip dinamis berbasis teknologi informasi sebagai upaya mewujudkan good governance dan open government. 

Wakil Gubernur Provinsi Kalimantan Barat, Ria Norsan menyampaikan bahwa kedepannya setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) harus memiliki Arsiparis, tujuannya adalah untuk mengamankan arsip yang memiliki nilai sejarah yang tinggi. Arsip harus dikelola dengan baik, jika diperlukan akan dapat ditemukan dengan mudah. Arsip memang barang mati, namun dapat memberikan bukti peristiwa dimasa lalu.