ANRI Gelar Rapat Persiapan RB ANRI Tahun 2018

19 Maret 2018

Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) selenggerakan rapat Persiapan Reformasi Birokrasi (RB) ANRI Tahun 2018. Rapat ini merupakan konsolidasi Kelompok Kerja (Pokja) RB yang ada di lingkungan Arsip Nasional RI untuk  melaksanakan program kerja tahun 2018. Pada kesempatan ini, Kepala Biro Organisasi, Kepegawaian dan Hukum selaku Sekretaris Tim Pelaksana RB ANRI Rini Agustiani menyampaikan perkembangan pelaksanaan RB di lingkungan ANRI. Rini mengingatkan kepada seluruh Tim Pokja RB ANRI Agar menindaklanjuti hasil rekapitulasi capaian RB ANRI dan berupaya untuk meningkatkan nilai capaian RB.

Sementara itu Daisy Quinza mewakili Inspektorat memaparkan tata cara Penilaian Mandiri Reformasi Birokrasi Tahun 2018. Daisy menyampaikan bahwa teknik yang digunakan dalam penilaian, yakni pertama Self Assesment oleh kelompok kerja Tim RB (berupa pengisian lembar kertas  kerja  yang dilakukan oleh Pokja). Kemudian, Verifikasi Data Dukung oleh Tim Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi (PMPRB), wawancara dan observasi atas data dukung, dilanjutkan dengan klarifikasi hasil penilaian. Tahap berikutnya, submit hasil penilaian final ke aplikasi On-Line.

Hasil PMPRB disampaikan secara online melalui beberapa tahapan. Pertama, penginputan penilaian, kemudian dilaksanakan jika ternyata hasil penilaian masih harus diperbaiki. Tahapan berikutnya, dilaksanakan jika hasil PMPRB dipandang telah  merepresentasikan profil pelaksanaan RB di Instansi. Pada tahapan selanjutnya, hasil PMPRB merupakan hasil final dan tidak dapat diubah. Penyampaian hasil PMPRB secara online dilaksanakan minimal setahun sekali dalam setahun pada akhir bulan Maret. (sa)