ANRI TEKANKAN KRITERIA TERTIB ARSIP SEBAGAI EVALUASI PENILAIAN REFORMASI BIROKRASI

08 Maret 2017

Rapat evaluasi pelaksaaan Reformasi Birokrasi di Gedung A Lantai 2 ANRI dalam rangka pembahasan revisi Permenpan No14 tahun 2014 dimana salah satu indikatornya penerapan Tertib pengelolaan arsip dan kearsipan berbasis TIK menjadi salah satu indikator evaluasi penilaian RB di seluruh Kementeria / Lembaga. Rapat yang dipimpin oleh Kepala Biro Organisasi, Kepegawaian dan Hukum Rini Agustiani kali ini membahas tentang tindak lanjut dari surat pengajuan usulan indikator manajemen kearsipan birokrasi berbasis TIK yang telah disampaikan ke Kementerian PAN dan RB pada bulan Oktober 2016.

Usulan penguatan RB dengan kriteria tertib arsip tersebut telah dimasukkan oleh Menpan ke dalam draf pedoman penilaian mandiri pelaksanaan reformasi birokrasi. Pedoman ini akan dijadikan acuan oleh K/L dan Pemda dalam menilai keberhasilan pelaksanaan RB pada tahun 2018.

ANRI sangat mendukung dan menekankan diterapkannya indikator sistem kearsipan ke dalam lembar evaluasi RB dikarenakan ini adalah momentum ANRI sebagai lembaga kearsipan nasional untuk memiliki kekuatan dalam mewujudkan amanat undang-undang kearsipan dan RPJMN 2015-2019 dan diperlukan strategi ANRI dalam menghadapi hal tersebut.

Selanjutnya ANRI menerapkan strategi memetakan tanggungjawab dan mempersiapkan pedoman teknis terkait kearsipan dan sistem kearsipan menjadi salah satu alat untuk mengukur keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan dengan diterapkannya manajemen kearsipan yang handal, komprehensif dan terpadu di seluruh K/L dan Pemda. (DHS)