Akreditasi Lembaga Kearsipan

Akreditasi Kearsipan adalah kegiatan penilaian mutu dan kelayakan terhadap lembaga kearsipan, unit kearsipan, lembaga penyelenggara jasa kearsipan serta lembaga penyelenggara pendidikan dan pelatihan kearsipan.

Dalam pelaksanaan Akreditasi Kearsipan, Peserta Akreditasi Kearsipan harus memenuhi antara lain:

1.       telah menyusun Pedoman Tata Naskah Dinas, Klasifikasi Arsip, Klasifikasi Keamanan dan Akses Arsip Dinamis, Jadwal Retensi Arsip, Pedoman Pengelolaan Arsip Statis;

2.       telah melakukan kegiatan pengelolaan arsip statis.

 

Lembaga Kearsipan terdiri dari:

a. Lembaga Kearsipan Daerah Provinsi;

b. Lembaga Kearsipan Daerah Kabupaten/Kota; dan

c. Lembaga Kearsipan Perguruan Tinggi.

 

Aspek Akreditasi Lembaga Kearsipan terdiri dari:

1.       Penyelenggaraan kearsipan  meliputi penilaian terhadap:

a. kebijakan kearsipan;

b. pembinaan kearsipan; dan

c. pengelolaan arsip.

2.       Sumber daya kearsipan meliputi penilaian terhadap:

a. sumber daya manusia kearsipan;

b. prasarana dan sarana kearsipan; dan

c. organisasi kearsipan.

RECENT POSTS

ANRI dan Kompas TV Tandatangani Kerjasama Publikasi Media Sosial

ANRI dan Kompas TV melakukan penandatanganan kerjasama dalam publikasi media digital dan media sosial di Ruang Serbaguna Noerhadi Magetsari Gedung C Lantai 2. Kepala ANRI Mustari Irawan mengatakan pentingnya ANRI menguatkan publikasi kelembagaan salah satunya dengan kerjasama media Kompas TV agar ANRI semakin dikenal masyarakat. Keberadaan media sosial mampu memperlebar kesempatan untuk berdialog dengan masyarakat, bertukar pikiran, berbagi pengetahuan dan informasi.  Hal ini akan mendekatkan…