Rekomendasi Pemusnahan Arsip

Bahwa dalam rangka efisiensi dan efektivitas pengelolaan arsip  telah diatur mengenai tata cara penyimpanan, pemindahan, penyerahan, dan pemusnahan arsip .


Peraturan Pemerintah No. 28 Tahun 2012 ini diatur mengenai kegiatan-kegiatan untuk memberikan pedoman yang dapat digunakan sebagai dasar atau pegangan dalam melaksanakan penyerahan dan pemusnahan arsip  melalui tahap-tahap yang ditentukan.


Kegiatan-kegiatan penyerahan dan pemusnahan arsip  tersebut, merupakan salah satu sarana penting untuk menyelamatkan dan melestarikan bahan bukti resmi yang mempunyai nilai guna bagian kepentingan nasional dan untuk mengatasi penimbunan arsip  yang tidak berguna, mengurangi beban penyimpanan, dan menghemat ruangan serta memungkinkan terkumpulnya arsip  yang selektif.

Dengan demikian akan dapat dihindarkan kemungkinan musnahnya arsip  yang mempunyai nilai guna ataupun yang mengandung nilai informasi yang mempunyai nilai guna bagi kepentingan nasional.

Hal-hal yang diatur dalam Peraturan Pemerintah ini meliputi beberapa ketentuan umum yang berlaku untuk penyerahan dan pemusnahan arsip , arsip  yang wajib diserahkan kepada Arsip Nasional, tata cara penyerahan arsip , arsip  yang dapat dimusnahkan, dan tata cara pemusnahan arsip.

RECENT POSTS

Hari Kearsipan ke-47 usung slogan "Arsip Yes Hoaks No"

Rangkaian peringatan Hari Kearsipan (HK) ke-47 yang dibuka di Nusa Tenggara Timur pada tanggal 14-16 Mei 2018 diakhiri dengan pelaksanaan upacara bendera di ANRI pada tanggal 18 Mei 2018 yang diikuti oleh seluruh pegawai ANRI.

Bertindak sebagai inspektur upacara HK Ke- 47, Kepala ANRI Mustari Irawan. Dalam sambutannya Kepala ANRI menyampaikan bahwa peran strategis arsip akhirnya berkontribusi dalam membantu mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia dan mencapai cita-cita nasional.…

Pengumuman perubahan waktu layanan arsip bulan ramadhan 1439 H

Pengumuman perubahan waktu layanan arsip bulan ramadhan 1439 H