Balai Arsip Tsunami Aceh

Dibentuknya Unit Pelaksana Teknis (UPT) Balai Arsip Tsunami Aceh dilatar belakangi oleh musibah gempa bumi dan terjadinya musibah gelombang tsunami yang melanda wilayah Provinsi Aceh pada tanggal 26 Desember 2004 serta gempa bumi di wilayah Kepulauan Nias Provinsi Sumatera Utara pada tanggal 29 Maret 2005.

Berkenaan dengan bencana alam tersebut, pemerintah berupaya memberikan perhatian yang serius dan sungguh-sungguh guna melakukan pemulihan kondisi infra struktur, ekonomi, social dan budaya dengan membentuk Badan Rehabilitasi dan Rekonstruksi Nanggroe Aceh Darussalam dan Kepulauan Nias Provinsi Sumatera Utara (BRR NAD-Nias) melalui Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang no 2 Tahun 2005 tentang Badan Rehabilitasi dan Rekonstruksi Wilayah dan Kehidupan Masyarakat Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam dan Kepulauan Nias Provinsi Sumatera Utara.

RECENT POSTS

Menkes Didampingi Kepala ANRI Resmikan Records Center

Menteri Kesehatan (Menkes) Nila F Moeloek didampingi Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) Mustari Irawan membuka dan meresmikan Gedung Pusat Arsip Kementerian Kesehatan di Kawasan Perkantoran dan Pergudangan Kementerian Kesehatan RI, Jl. Percetakan Negara II No 23. 

Records Center tersebut rencananya akan digunakan untuk menyimpan arsip inaktif di lingkungan Kementerian Kesehatan (Kemenkes). "Arsip yang tercipta sebagai konsekuensi logis dari pelaksanaan…

PERINGATI 100 TAHUN ADAM MALIK, ANRI GELAR PELUNCURAN NASKAH SUMBER ARSIP ADAM MALIK

Peringati 100 Tahun Adam Malik, Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) menggelar Launching Naskah Sumber Arsip Adam Malik (Menembus Empat Zaman). Naskah sumber arsip tersebut mengulas tentang peran aktif Adam Malik dalam bidang politik dan kepartaian sejak masa kolonial, pendudukan Jepang, Pemerintahan Presiden Soekarno dan Soeharto.

Acara launching diawali dengan penyerahan Naskah Sumber Arsip Adam Malik dari Kepala…

Menengok Sejenak Moda Transportasi Tradisional Di Masa Lalu

Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) selenggarakan launching Naskah Sumber Arsip Moda Transportasi Tradisional. Acara launching diselenggarakan di Museum Transportasi, Taman Mini Indonesia Indah (TMII).