Jaringan Informasi Kearsipan Nasional

JIKN yang merupakan sistem jaringan informasi dan sarana pelayanan informasi arsip dinamis dan statis secara nasional memiliki tujuan mewujudkan layanan arsip dinamis dan statis sebagai memori kolektif Bangsa Indonesia secara lengkap, cepat, tepat, mudah dan murah. Untuk menyajikan transparansi dan akuntabilitas pemerintahan kepada publik.

JIKN juga memiliki peran penting dalam konteks negara kesatuan, yakni sebagai sarana bantu penyatuan riwayat dokumenter yang terpisah-pisah atau terpecah-pecah (fragmented documentary history) di antara para penyelenggara kearsipan seluruh Indonesia. Negara Kesatuan Republik Indonesia yang memiliki banyak propinsi dan kabupaten/kota, menghadapi tantangan, yaitu banyak arsip yang merekam saat ini dan sejarah masa lampau mengenai suatu subjek tertentu, tetapi mungkin disimpan oleh penyelenggara kearsipan yang tersebar lintas yurisdiksi dan geografi sebagai akibat dari perubahan-perubahan dan pergeseran-pergeseran pemerintahan. Karena sulit untuk menyatukan bahan-bahan tersebut secara fisik, mengingat tersebar lintas yurisdiksi dan geografi yang berbeda, maka JIKN yang berbasis teknologi menawarkan suatu solusi dalam rangka menciptakan memori virtual secara nasional.

Secara umum, arsip yang telah diproses digitalisasi dapat dimasukkan ke dalam aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Nasional (SIKN) dan kemudian diakses oleh publik secara online melalui website JIKN. Saat ini, sudah tersedia informasi arsip dinamis dan statis, yang dapat diakses publik, berasal dari 13 simpul jaringan.

Pengelolaan website JIKN dilaksanakan dalam rangka mengelola, memelihara, dan memperbarui konten, transaksi online, serta administrasi website. Diharapkan, dengan pengelolaan website JIKN secara teratur, pengguna dapat memahami konten yang disampaikan. Selain itu, website JIKN dapat menjadi salah satu website penunjang untuk pelaksanaan tugas dan fungsi di lingkungan kerja serta pengembangan ilmu pengetahuan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Informasi lebih lanjut dapat di lihat pada link ini

RECENT POSTS

Bimkos Penyelenggaraan Arsip Kepresidenan

Guna mewujudkan tertib arsip kepresidenan, Arsip Nasional Republik Indonesia Selenggarakan Bimbingan dan Konsultasi (Bimkos)  Penyelenggaraan Arsip Kepresidenan. Acara diselenggarakan di Hotel Onih, Bogor (13-14/07). 

Acara Bimkos dibuka oleh Deputi Pembinaan Kearsipan Andi Kasman. Dalam sambutannya Andi Kasman menyampaikan pentingnya acara bimkos arsip kepresidenan dalam rangka penyelamatan memori kolektif bangsa. 

Pada Acara Bimkos Penyelenggaraan Arsip Kepresidenan…

Peringatan Hari Anti Narkotika Internasional

Jakarta, 13 Juli 2017 - Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) yang diperingati setiap tanggal 26 Juni merupakan bentuk keprihatinan dunia terhadap penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika dan prekursor narkotika yang berdampak buruk terhadap kesehatan, perkembangan sosial – ekonomi, serta kemanan dan kedamaian dunia.
Penyalahgunaan narkotika menyebabkan sekitar 190.000 orang di dunia mati sia-sia setiap tahunnya. Narkotika juga…

Halalbihalal Keluarga Besar ANRI

Keluarga Besar Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) menyelenggarakan Halalbihalal di Halaman Gedung C ANRI, Ampera Raya Jakarta. Pada kesempatan itu, Kepala ANRI Mustari Irawan menyampaikan kepada seluruh pegawai untuk saling memaafkan dan kembali melaksanakan aktivitas kerja. (Berita Foto/Dok, HM. ANRI/sa)

ANRI dan SAAC Gelar Pameran Arsip Indonesia-Tiongkok

Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) dan State Archives Administration of China (SAAC) gelar Join Exhibition Socio Cultural Relationship Indonesia dan Tiongkok di Capital Museum Beijing, 20 Juni 2017. Pameran dihadiri oleh Kepala ANRI Mustari Irawan, Director General of SAAC, dan Duta Besar Indonesia untuk Tiongkok, Bapak Sugeng Rahardjo (Berita Foto/Dok. ANRI).