TRAINING ON RECORD AND ARCHIVES MANAGEMENT FOR PALESTINE

06 Agustus 2018

Kepala ANRI, Mustari Irawan, membuka program Training on Records and Archives Management For Palestine: Management of Electronic Records.

 

Acara pembukaan dihadiri oleh Sekretaris Utama ANRI, Sumrahyadi, Executive Director of National Archives of the Republic Philippines, Mr. Victorino Mapa Manalo dan Counselor of the Palestine Embassy, Mr. Taher Hamad serta Direktur Kerja Sama Teknik Kementerian Luar Negeri RI, Mohammad Syarif Alatas.

 

Dalam sambutannya Kepala ANRI menyampaikan bahwa perkembangan teknologi telah berubah dengan cepat. Hal ini membawa pengaruh yang signifikan bagi negara dan bangsa khususnya di bidang reformasi birokrasi dan akuntabilitas publik. Untuk melaksanakan reformasi birokrasi yang efektif dan akuntabel, aparatur negara harus melakukan transparansi diberbagai bidang, termasuk didalamnya transparansi di bidang layanan informasi publik dan akses publik.

 

Aparatur negara harus menjadi profesional dan kreatif dalam penerapan kemajuan teknologi.  Menjadi kreatif di bidang layanan informasi publik dan akses akan berarti bahwa aparatur negara dapat mengembangkan metode baru berdasarkan catatan dan manajemen arsip. Hal ini sangat penting karena catatan dan arsip adalah sumber informasi.

 

Kepala ANRI menyampaikan tujuan dilaksanakan program Training on Records and Archives Management For Palestine adalah:

Pertama, pelatihan ini dilakukan untuk berbagi pengetahuan tentang catatan dan manajemen arsip terutama di bidang manajemen pencatatan elektronik/digital. Kedua, pelatihan ini dilakukan untuk menunjukkan simpati dan dukungan Indonesia bagi kebebasan Palestina. Terakhir, ada harapan membangun kesadaran pada catatan dan arsip. Catatan dan arsip adalah tulang punggung administrasi negara. Hanya dengan memiliki kompetensi sumber daya manusia di bidang pencatatan dan pengelolaan arsip; maka suatu negara dapat mengelola negara mereka.

 

Pelatihan ini adalah salah satu program prioritas nasional ANRI. Program ini bertujuan untuk berbagi pengetahuan dan praktik terbaik pada catatan dan manajemen arsip. Program ini telah dilakukan sejak 2009 hingga 2019 dan menjadi perhatian Indonesia untuk mendukung perjuangan kemerdekaan Palestina. "ANRI sangat menghargai partisipasi Filipina dalam pelatihan ini sebagai rekan kami yang baik di kawasan ASEAN", ujar Kepala ANRI.

 

Training Course di laksanakan di Bogor pada 6 Agustus – 11 Agustus 2018 dan diikuti oleh 25 peserta dari Palestina serta 5 peserta dari Philippina.(lnh)

 

Biro Perencanaan dan Humas, ANRI

 

#SalamArsip!

#ArsipYes!HoaksNo!

#ArsipSimpulPemersatuBangsa

#ArsipSumberInformasiAutentikDanTerpercaya

RECENT POSTS

ANRI DAN PMLI Tandatangani Kesepakatan Bersama tentang Penyelenggaraan Kearsipan

Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) dan PT. Pendidikan Maritim dan Logistik Indonesia (PMLI) tandatangani kesepakatan bersama mengenai penyelenggaraan kearsipan. Penandatanganan kesepakatan bersama dilaksanakan oleh Kepala ANRI, Mustari Irawan dan Direktur Utama PMLI, Amri Yusuf di Kantor PMLI, Bogor, Jawa Barat (09/08).

"Kami sangat senang sekali, rencana kerja sama ini bisa terwujud", ungkap Amri Yusuf dalam sambutan. Lebih lanjut Amri Yusuf menyampaikan dengan adanya kerja…