ANRI DAN UNIVERSITAS SUBANG GELAR SEMINAR PENGELOLAAN ARSIP SEKTOR PUBLIK DAN BISNIS

13 Februari 2018

Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) bekerja sama dengan Fakultas Ilmu Administrasi (FIA)Universitas Subang (Unsub) menggelar Seminar Nasional “Pengelolaan Arsip Sektor Publik dan Bisnis di Indonesia”. Acara seminar dilaksanakan di Ruang Serba Guna Noerhadi Magetsari, ANRI Ampera Raya, Cilandak, Jakarta Selatan (13/02). Acara Seminar merupakan bagian rangkaian kegiatan Riset dan praktek (Ristek) FIA Unsub yang bertujuan untuk menambah wawasan dan pengetahuan mahasiswa FIA Unsub di bidang pengelolaan kearsipan pada sektor publik dan bisnis.

Dalam laporannya, Dekan FIA Unsub Dr. H. Iwan H. Kusnadi, S.Sos., M.Si., menyampaiakan bahwa selama ini FIA Unsub turut terlibat dalam berbagai kegiatan yang dilaksanakan oleh ANRI. “Selama ini keterlibatan kami Fakultas Ilmu Administrasi Unsub dengan ANRI telah dilaksanakan diantaranya yang pertama sosialisasi yang berkaitan dengan  Konferensi Asia Afrika”, ungkap Iwan H. Kusnadi dalam laporan. Lebih lanjut Iwan menambahkan bahwa FIA Unsub juga pernah mengikuti beberapa kegiatan seminar nasional dan kegiatan lainnya seperti ANRI Award.

Sementara itu, Rektor Unsub Dr. Ir. Drs. H.A. Moeslihat Komara, M.Si menyampaikan pentingnya mengubah pemahaman dan mindset bahwa arsip itu bukan tempat “buangan” pegawai, akan tetapi arsip merupakan pusat informasi. “Arsip itu adalah pusat informasi, pepatah mengatakan bahwa siapa menguasai informasi maka dia akan menguasai dunia”, tutur H.A. Moeslihat Komara.

Acara Seminar dibuka oleh Ketua Yayasan Kutawaringan Subang Dr. Drs. H. Komir Bastaman, SH., MH. Komir Bastaman sangat mengapresiasi sambutan yang diberikan oleh para pimpinan ANRI beserta jajarannya. “Hari ini Pak Kepala (ANRI) dan semua jajaran Eselon I luar biasa hadir”, terang Komir Bastaman. Lebih lanjut Komir Bastaman menyampaikan kepada para hadirin untuk memanfaatkan kesempatan langka ini untuk menyimak dan memperhatikan dengan serius seminar.

Acara Seminar menghadirkan Keynote Speaker, Kepala ANRI, Dr. Mustari Irawan, MPA yang menyampaikan materi “Peranan ANRI dalam Kebijakan Kearsipan di Sektor Publik dan Bisnis”.  Narasumber Kedua Deputi Bidang Konservasi Arsip, Dr. M. Taufik, M.Si., yang menyampaikan materi “Kebijakan Penyelamatan Arsip di Sektor Publik dan Bisnis”. Narasumber terakhir, Dr. Andi Kasman, SE., MM memaparkan materi “Kebijakan Pembinaan Kearsipan di Sektor Publik dan Bisnis”. Acara seminar dimoderatori oleh Direktur Kearsipan Pusat, Drs. Azmi, M.Si. (sa/lnh)      

RECENT POSTS

ANRI DAN PMLI Tandatangani Kesepakatan Bersama tentang Penyelenggaraan Kearsipan

Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) dan PT. Pendidikan Maritim dan Logistik Indonesia (PMLI) tandatangani kesepakatan bersama mengenai penyelenggaraan kearsipan. Penandatanganan kesepakatan bersama dilaksanakan oleh Kepala ANRI, Mustari Irawan dan Direktur Utama PMLI, Amri Yusuf di Kantor PMLI, Bogor, Jawa Barat (09/08).

"Kami sangat senang sekali, rencana kerja sama ini bisa terwujud", ungkap Amri Yusuf dalam sambutan. Lebih lanjut Amri Yusuf menyampaikan dengan adanya kerja…