PERINGATI 100 TAHUN ADAM MALIK, ANRI GELAR PELUNCURAN NASKAH SUMBER ARSIP ADAM MALIK

15 Desember 2017

Peringati 100 Tahun Adam Malik, Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) menggelar Launching Naskah Sumber Arsip Adam Malik (Menembus Empat Zaman). Naskah sumber arsip tersebut mengulas tentang peran aktif Adam Malik dalam bidang politik dan kepartaian sejak masa kolonial, pendudukan Jepang, Pemerintahan Presiden Soekarno dan Soeharto.

Acara launching diawali dengan penyerahan Naskah Sumber Arsip Adam Malik dari Kepala ANRI kepada Bapak Otto Malik (putra sulung Adam Malik). Kemudian dilanjutkan dengan diskusi Naskah sumber arsip Adam Malik dengan pembicara Sejarawan Asvi Warman Adam, Gunajaya Malik (Cucu Adam Malik), Suryagung & Nurarta Situmorang (Penulis), dan dimoderatori oleh Hermanus (LKBN Antara).

Adam Malik merupakan seorang tokoh nasionalis yang berperan aktif dalam memperjuangkan kemerdekaan negara Republik Indonesia. Kepiawaian Adam Malik dalam berdiplomasi sudah teruji dengan baik. Hal ini terlihat pada saat beliau menjabat sebagai Menteri Luar Negeri baik pada masa pemerintahan Presiden Soekarno maupun pada masa Presiden Soeharto. Bahkan pada tahun 1971, Beliau pernah memimpin Ketua Sidang Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa saat memutuskan negara Republik Rakyat China masuk menjadi anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa. Tidak hanya itu, Adam Malik juga menjadi ketua tim perundingan Indonesia-Belanda untuk masalah Irian Barat pada 7 Maret 1962. Peran lainnya, Beliau juga merupakan salah satu pendiri Association of Southeast Asian Nations.

Pada masa-masa perjuangan, Adam Malik pernah bekerja sebagai seorang jurnalis. Kemudian menjadi salah satu pendiri Partai Musyawarah Rakyat Banyak (MURBA). Adam Malik merupakan salah satu pendiri kantor Berita Antara dan pernah bertugas sebagai duta besar di Rusia. Semua kisah Adam Malik yang tertuang dalam naskah sumber arsip, diperoleh dari arsip-arsip yang berasal dari khazanah arsip keluarga maupun khazanah arsip yang tersimpan di ANRI. (sa)





RECENT POSTS

Kepala ANRI Menerima Sertifikat Memory of the World

Kepala ANRI Mustari Irawan didampingi para Pimpinan Tinggi Madya, menghadiri acara penyerahan sertifikat Memory of the World untuk Arsip Tsunami, Restorasi Borobudur, dan Cerita Panji.
Pada kegiatan…

Berita Duka Cita

Berita Duka Cita