Menengok Sejenak Moda Transportasi Tradisional Di Masa Lalu

14 Desember 2017

Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) selenggarakan launching Naskah Sumber Arsip Moda Transportasi Tradisional. Acara launching diselenggarakan di Museum Transportasi, Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Naskah Sumber Arsip Moda Transportasi Tradisional mengulas mengenai tenaga hewan mulai dari Kuda hingga Cikar. Tema ini dipilih karena transportasi merupakan bagian yang tidak pernah lepas dari sejarah peradaban manusia. "Perpindahan dari satu tempat ke tempat lain sangatlah bergantung pada sarana transportasi yang dapat diandalkan sejak jaman dahulu. Sejarah pun mencatat bahwa perkembangan transportasi sangat bertumpu pada kemajuan teknologi", tutur Ketua Panitia Launching Eli Ruliawati. Lebih lanjut Eli menambahkan bahwa transportasi yang bersifat tradisional sebagian besar tetap bertahan dalam kehidupan masyarakat di negeri ini. Ia menjadi bagian dari identitas dan jati diri peradaban Indonesia sekaligus terukir dalam memori kolektif bangsa yang tak lekang oleh waktu.
        Direktur Utama TMII, Bambang Soetanto menyambut baik atas terselenggaranya peluncuran naskah sumber arsip tersebut di Museum Transportasi. "Pelaksanaan launching ini, sangatlah tepat dilaksanakan di Museum Transportasi, yang memiliki misi memasyarakatkan sejarah perkembangan transportasi dan perannya di Indonesia", ungkapnya.

        Sementara itu, Deputi Bidang Konservasi Arsip M. Taufik berharap naskah sumber arsip ini dapat dijadikan sumber referensi dalam menggali sejarah transportasi di Indonesia. "Melalui naskah sumber yang bersumber dari khazanah arsip yang tersimpan di Arsip Nasional Republik Indonesia ini, kami berharap masyarakat dapat memperoleh pengetahuan tentang sejarah transportasi Indonesia dan sekaligus menikmati nostalgia tentang kendaraan tradisional yang mungkin pernah kita tumpangi di masa lalu", tuturnya.

          Acara launching dilanjutkan dengan talk show yang diawali dengan presentasi Penulis, Dharwis  dilanjutkan dengan diskusi dan pembahasan oleh para narasumber yakni Bondan Kanumoyoso yang merupakan Sejarawan dari Universitas Indonesia, dan Nara Sumber di bidang transportasi yakni Danang Setyo Wibowo (Kepala Museum Transportasi),  Tri Wahyono (Asisten Senior Manager TI Perum Damri)  yang akan membedah dan mengupas Naskah Sumber Arsip Moda Transportasi Tradisional. Acara pembahasan ini dipandu oleh Agus Santoso  (Direktur Layanan dan Pemanfaatan Arsip), selaku moderator.

        Peserta yang diundang dalam peluncuran ini, terdiri dari para Kepala Museum dan Anjungan TMII, Kementerian Koordinator Bidang  Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Kementerian Perhubungan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Perum DAMRI, beberapa komunitas antara lain Komunitas Historia, Jelajah, Kelompok Pemerhati Budaya dan Museum Indonesia, Komunitas Ayo Dongeng Indonesia, Perguruan Tinggi dan Undangan lainnya. (sa)



RECENT POSTS

surat resmi klarifikasi penipuan mengatasnamakan pusdiklat kearsipan anri

Surat resmi klarifikasi ANRI terhadap penipuan mengatasnamakan Pusdiklat Kearsipan ANRI.