ANRI DAN NAN TANDATANGANI NOTA KERJA SAMA KEARSIPAN

27 Oktober 2017

            Den Haag, 27 Oktober telah dilaksanakan penandatanganan Memorandum of Understanding antara Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) dengan Arsip Nasional Belanda (NAN). MoU tersebut ditandatangani Kepala ANRI, Mustari Irawan dan Kepala NAN Mareens Engelhard. Adapun lingkup area kerja sama meliputi :
a. Pertukaran pengetahuan dan pengembangan kapasitas di bidang pengelolaan arsip statis dan arsip dinamis
b. pertukaran scan, digital inventaris, dan metadata VOC dan arsip kolonial Belanda lainnya di ANRI dan NAN khususnya arsip tentang Pergerakan Nasional Indonesia sampai dengan era kemerdekaan yang telah diseleksi untuk digitalisasi
d. konservasi tahap pertama arsip kolonial Belanda dan VOC yang ada di ANRI untuk dilakukan digitalisasi.
e. Digitalisasi arsip VOC dan arsip kolonial Belanda di ANRI dan Arsip Pergerakan Nasional Indonesia di NAN
f. Membuat fasilitas untuk memastikan preservasi yang tahan lama dan presentasi scan online yang telah dihasilkan.
g. Mengumpulkan guide penelitian tentang arsip-arsip kolonial Belanda yang ada di luar ANRI.
h. Penyelenggaraan pameran bersama dan publikasi bersama.
            Setelah penandatanganan MoU, dilanjutkan dengan pertukaran scans yang merupakan khazanah kedua lembaga kearsipan nasional tersebut. Selain acara MoU, dilaksanakan pula pameran arsip "The birth of Indonesian Youth Movement digelar di National Archives of the Netherlands (NAN) , Den Haag Belanda yang merupakan kerja sama Arsip Nasional RI dengan Arsip Nasional Belanda. Acara pameran   dilaksanakan dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda ke 89. Pameran dibuka secara resmi oleh Duta  Besar LB & BP RI untuk Kerajaan Belanda,  I Gusti Agung Wesaka Puja.
            Dalam sambutannya,  I Gusti Agung Wesaka Puja menyampaikan bahwa pameran yang digelar merupakan gambaran peristiwa lahirnya gerakan pemuda Indonesia untuk menyatakan identitas,  integritas dan nasionalisme :  Indonesia. Pameran berlangsung sampai tanggal 2 November 2017. (sa) 

RECENT POSTS

ANRI Melakukan Serah Terima Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD) kepada 19 BUMN

Kepala ANRI Mustari Irawan membuka secara resmi kegiatan serah terima aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD) kepada 19 Badan Usaha Milik Negara (BUMN) kegiatan yang diselenggarakan oleh Direktorat Kearsipan Pusat ini berlangsung tanggal, 16 - 18 Nopember 2017 di Hotel Aston Inn Mataram.

Internalisasi ISO Preservasi Arsip


Pada tanggal 8 November 2017, Direktorat Preservasi Arsip melaksanakan kegiatan Internalisasi Maintenance SMM ISO 9001:2015. Acara ini dihadiri  50 peserta dari internal Direktorat Preservasi dan stoke holder Direktorat Preservasi dan dibuka oleh Deputi Bidang Konservasi Arsip. Tahun 2017 ini adalah tahun pertama Direktorat Preservasi mempertahankan keberterimaan sertifikat sistem manajemen mutu versi yang terbaru 9001: 2015 yang diperoleh tahun 2016.
Dalam sambutannya,…

ANRI GELAR SOSIALISASI MONITORING DAN EVALUASI PENERAPAN SOP AP

Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) menggelar sosialisai monitoring dan evaluasi penerapan Standar Operasional Prosedur Administrasi Pemerintah (SOP AP) di Lingkungan ANRI (15/11). Acara ini dihadiri oleh setiap perwakilan unit kerja yang ada di lingkungan ANRI. Acara dibuka oleh Kepala Bagian Organisasi dan…

Ekspose Kementrian Pertanian Tahun 1950 - 2009

Jakarta (9/11) Deputi Konservasi Muhamad Taufik membuka secara resmi kegiatan Ekspose Inventaris Arsip Kementrian Pertanian Republik Indonesia Tahun 1950 - 2009. 
Kegiatan ekspose yang diselenggarakan…