Peringatan hari hak untuk tahu sedunia

28 September 2017

Jakarta (28/9)-Dalam rangka memperingati Hari Hak Untuk Tahu Sedunia (The International Right To Know Day) yang jatuh setiap tanggal 28 September, Komisi Informasi Pusat (KIP) menggelar Debat Mahasiswa ke-2 yang digelar di IPB International Convention Center (IICC) Kota Bogor, 26-28 September 2017.

Hari Hak Untuk Tahu Sedunia dirayakan oleh seluruh dunia yang memiliki Undang-undang Keterbukaan Informasi. Momen ini merupakan kesempatan KIP untuk melakukan kampanye dan promosi tentang keterbukaan informasi kepada seluruh warga negara untuk menyatakan bahwa setiap warga negara punya hak untuk tahu.

Kegiatan peringatan ini diselenggarakan di Kota Bogor bersamaan dengan Debat Mahasiswa seluruh Indonesia. Babak final dilaksanakan pada tanggal 28 September 2017 bertepatan dengan Hari Hak Untuk Tahu Sedunia. Babak final dibuka secara resmi Wali Kota Bogor Bima Arya sekaligus beliau menyampaikan hal-hal tentang keterbukaan informasi yang sudah dilakukan di Kota Bogor.

Sedangkan terkait materi Debat Mahasiswa yakni tentang keterbukaan informasi. Dalam rangka sosialisasi dan edukasi keterbukaan informasi, diharapkan mahasiswa dapat menjadi agen perubahan dalam meneruskan informasi kepada masyarakat dan menjadi tahu banyak tentang keterbukaan informasi.

Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta dan Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang terbaik pertama dan kedua pada acara debat mahasiswa ke-2 yang digelar Komisi Informasi Pusat. (lnh/humas)