PERINGATI HARI LAHIR PANCASILA ANRI BEKERJASAMA KEMENDIKBUD GELAR PAMERAN ARSIP AUTENTIK PANCASILA

02 Juni 2017

Pancasila adalah pandangan hidup (falsafah), dasar negara (ideologi), dan wahana pemersatu bangsa Indonesia. Nilai-nilai yang terkandung di dalamnya menjadi sendi kehidupan dan penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara di Indonesia. Lahirnya Pancasila merupakan buah pemikiran para bapak bangsa dalam rangka mewujudkan cita-cita dan tujuan yang diimpikan oleh segenap bangsa Indonesia. Salah satu upaya untuk menanamkan nilai-nilai Pancasila kepada generasi selanjutnya adalah melalui peningkatan pengetahuan tentang sejarah lahirnya dasar negara Indonesia di masa lalu.

Dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni, Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyelenggarakan pameran arsip terkait lahirnya Pancasila. Pameran Arsip Pancasila dilaksanakan mulai tanggal 2-15 Juni 2017 di Museum Nasional, Jakarta dan dibuka oleh Direktur Jenderal Kebudayaan  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Hilmar Farid didampingi oleh Kepala ANRI Mustari Irawan.

Pameran bertujuan untuk  mengenalkan nilai-nilai yang tertuang dalam Pancasila. Selain itu, pameran juga dimaksudkan untuk mengedukasi masyarakat mengenai sejarah lahirnya Pancasila sebagai dasar negara. "Melalui pameran ini, kami ingin memperlihatkan proses (lahirnya Pancasila). Jadi jangan masyarakat tahunya langsung jadi. Jadi ini loh prosesnya, kemudian jadinya begini," ungkap Hilmar Farid

Sementara itu, Kepala ANRI Mustari Irawan menambahkan makna pentingnya Pameran Arsip Pancasila sebagai pembelajaran bagi generasi muda."Seluruh arsip ini (Arsip Pancasila) tidak bisa dinilai dengan materi. Semoga generasi muda bisa belajar lebih banyak bagaimana Pancasila dilahirkan," ujar Mustari.

Berbagai arsip ditampilkan, khususnya yang memiliki nilai kesejarahan yang tinggi seperti dokumen tentang persidangan Badan Penyelidik Usaha-usaha Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI), Dokuritzu Zyunbi Tyoosakai, teks pidato Sukarno tentang Pancasila, penyusunan konsep Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945, persidangan Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI), Dokuritzu Zyunbi Inkai yang menetapkan Undang-Undang Dasar 1945 dan memilih Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia.

Pameran Arsip Pancasila merupakan rangkaian kegiatan Pekan Pancasila yang dibuka oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo di Gedung Pancasila (01/06). (sa)

RECENT POSTS

Visitasi Kementerian ESDM ke ANRI

Kunjungan kerja Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (Ditjen Migas Kem. ESDM) ke Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI). Kunjungan kerja tersebut dalam rangka menjalin solidaritas serta pengenalan arsip sekaligus menambah wawasan Pengelola Arsip atau Pengadministrasi Umum di Lingkungan Ditjen Migas Kem. ESDM. Peserta kunjungan yang dipimpin oleh Kepala Bagian Umum dan Kepegawaian Ditjen Migas Kem. ESDM, Bapak Mukti Yunarso dan Kepala Bagian Tata Usaha dan…