ANRI SELENGGARAKAN UPACARA HARI KEARSIPAN KE-46

18 Mei 2017

Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) selenggarakan upacara Peringatan Hari Kearsipan Ke-46 (18/05). Peringatan Hari Kearsipan ke-46 pada tahun ini mengambil tema “Tertib Arsip Cermin Budaya Bangsa”. Dalam sambutannya Kepala ANRI Mustari Irawan menyampaikan makna penting tema yang diangkat.”Tentunya hal ini memiliki makna yang sangat penting dan mendalam, betapa tidak karena Arsip sesungguhnya mewariskan informasi berharga kepada generasi mendatang”, terangnya.

Lebih lanjut Mustari menyampaikan bahwa sebagai insan kearsipan, peringatan Hari Kearsipan yang jatuh pada 18 Mei 2017, harus dimaknai sebagai momentum untuk meningkatkan motivasi, memupuk rasa kecintaan terhadap tanah air, bangsa, dan negara serta menjaga nilai kesejarahan yang dapat memberi makna mendasar dan berpengaruh positif terhadap semangat penyelenggaraan kearsipan, memelihara serta meningkatkan kebanggaan, rasa persatuan dan kesatuan bangsa dalam bingkai negara kesatuan Republik Indonesia.

“Arsip hadir dalam setiap sendi kehidupan, begitu dalam, begitu luas. Deklarasi Universal Kearsipan mengatakan bahwa arsip merekam keputusan, tindakan, dan memori”, jelasnya. Pada kesempatan ini, Kepala ANRI berharap agar Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009 Tentang Kearsipan dan Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 2012 Tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009 Tentang Kearsipan dapat menjadi pedoman dalam menjawab persoalan yang selama ini melekat pada penyelenggaraan kearsipan.

            Mustari Irawan juga berharap dengan dicanangkannya Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip (GNSTA) oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi pada tanggal 17 Agustus 2016 yang lalu, semakin menguatkan langkah untuk mewujudkan tertib arsip secara nasional.

        “Karena GNSTA merupakan upaya untuk meningkatkan kesadaran lembaga negara dan pemerintah daerah dalam mewujudkan tujuan penyelenggaraan kearsipan nasional. Ini merupakan tantangan besar bagi seluruh insan kearsipan, karena gerakan ini harus dijalankan secara masif dan berkelanjutan”, ungkapnya.

(sa)

RECENT POSTS

PERINGATI 100 TAHUN ADAM MALIK, ANRI GELAR PELUNCURAN NASKAH SUMBER ARSIP ADAM MALIK

Peringati 100 Tahun Adam Malik, Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) menggelar Launching Naskah Sumber Arsip Adam Malik (Menembus Empat Zaman). Naskah sumber arsip tersebut mengulas tentang peran aktif Adam Malik dalam bidang politik dan kepartaian sejak masa kolonial, pendudukan Jepang, Pemerintahan Presiden Soekarno dan Soeharto.

Acara launching diawali dengan penyerahan Naskah Sumber Arsip Adam Malik dari Kepala…

Menengok Sejenak Moda Transportasi Tradisional Di Masa Lalu

Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) selenggarakan launching Naskah Sumber Arsip Moda Transportasi Tradisional. Acara launching diselenggarakan di Museum Transportasi, Taman Mini Indonesia Indah (TMII).