ANRI dan Angkasa Pura II bekerjasama melaksanakan pameran foto di Bandara Husein Sastranegara Bandung

13 April 2017

Arsip Nasional Republik Indonesia bekerja sama dengan PT. Angkasa Pura II menyelenggarakan Pameran Foto Arsip Arsitektur dan Transportasi Udara di Terminal Keberangkatan dalam negeri dan luar negeri  Bandara Husein Sastranegara, Bandung. Arsip Arsitektur dan Transportasi yang dipamerkan antara lain arsip mengenai arsitektur bangunan tempo dulu dan pesawat tempo dulu, serta Lapangan Udara Husein sastranegara dimasa awal.

Materi arsip yang ditampilkan memotret keadaan yang sesungguhnya terjadi pada waktu itu. Semangat dalam membangun sarana dan prasarana perhubungan udara tergambar dengan baik dan jelas dalam setiap materi arsip foto. Pameran arsip foto ini dapat mengungkapkan dengan baik peran dan kiprah bandara dan pesawat udara   pada masa lalu.

Gambaran peristiwa yang terekam dalam arsip foto tersebut dapat menjadi sarana pembelajaran dan contoh yang baik bagi kita dari para pendahulu, bagaimana mereka telah berpikir dengan baik untuk mamajukan bangsa dan negara melalui pembukaan lahan untuk bandara dan landasan pesawat terbang serta pembuatan pesawat terbang yang hingga kini masih dapat dimanfaatkan. Selain itu, dengan adanya pameran arsip ini diharapkan dapat menjadi sumber ilmu pengetahuan masyarakat umum.

Pameran foto ini juga  menambah kesan art gallery bandara yang terlihat dengan banyaknya lukisan abstrak karya seniman Bandung yang dipajang dibeberapa dinding bandara, disudut lain tampak puluhan gambar wajah warga Bandung yang sedang tersenyum yang mempresentasikan keramahan warga Bandung. (lnh)

RECENT POSTS

ANRI dan SAAC Gelar Pameran Arsip Indonesia-Tiongkok

Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) dan State Archives Administration of China (SAAC) gelar Join Exhibition Socio Cultural Relationship Indonesia dan Tiongkok di Capital Museum Beijing, 20 Juni 2017. Pameran dihadiri oleh Kepala ANRI Mustari Irawan, Director General of SAAC, dan Duta Besar Indonesia untuk Tiongkok, Bapak Sugeng Rahardjo (Berita Foto/Dok. ANRI).